Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Kalah, Kido/Hendra Tampil Maksimal
23 Oktober 2011
Kalah, Kido/Hendra Tampil Maksimal
 
 

Markis Kido/Hendra Setiawan akhirnya harus menerima kekalahannya dari Jung Jae Sung/Lee Yong Dae setelah bertanding dengan sangat piawai di semifinal ganda putra kejuaraan Denmark Open Super Series Premier 2011 yang berlangsung kemarin (22/10). Mereka kalah sangat tipis 11-21, 21-17, dan 19-21. Sebuah permainan bulutangkis tingkat tinggi.

Pertandingan antara dua pasangan kelas atas dunia ini berlangsung sangat menegangkan. Pertarungan sebenarnya terjadi pada game kedua dan ketiga. Game pertama seakan menjadi game “pemanasan” yang selesai hanya dalam waktu sembilan menit.

Baru di game kedualah, Kido/Hendra tampak mulai bangkit. Walaupun Jung/Lee merebut beberapa poin pertama, tetapi kemudian pasangan Indonesia tersebut terus menyerang. Mereka melakukan smash hampir setiap kesempatan yang mereka peroleh. Jung/Lee pun tak berkutik banyak. Dari 17 poin yang diperoleh Jung/Lee, hanya empat poin yang mereka raih dengan “kemampuan sendiri.” Sisanya kesalahan sendiri oleh Kido/Hendra yang menyerang terus menyerang.

Pada game ketiga, terjadi pertarungan yang sangat sengit dan berimbang antara kedua pasangan. Adu drive yang begitu cepat terjadi terus-menerus, seakan menghentikan degup jantung yang menontonnya.

Saat Jung/Lee sempat memimpin cukup jauh, 14-10, mental baja Kido/Hendra tetap enggan menyerah dan akhirnya mereka bahkan berhasil merebut kepemimpinan angka pada kedudukan 15-14, lalu 17-15.

Kemudian terjadilah momen-momen akhir yang menegangkan. Saat Kido/Hendra sudah memimpin duluan 18-17, Jung/Lee menyalip dan memimpin 19-18. Reli panjang terjadi hingga kedudukan berimbang 19 sama. Reli panjang terus terjadi hingga akhirnya pengembalian Kido/Hendra yang kurang sempurna mengakhiri perjuangan mereka. Jung/Lee menang 21-19.

Acungan jempol pantas bagi Kido/Hendra yang tak terlihat menyerah sedikit pun sampai akhir pertandingan. Walaupun kalah, mereka telah menunjukkan penampilan terbaik mereka di Odense.
Di final hari ini, Jung/Lee akan kembali bertemu Fu Haifeng/Cai Yun (China) yang kemarin mengalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark) dengan skor 21-13 dan 21-18. Pertemuan ini adalah untuk yang ke-17 kalinya. Kedudukan pertemuan mereka berimbang delapan sama sehingga akan menarik untuk menyaksikan final mereka hari ini.

Pertandingan final lainnya akan mempertemukan Lee Chong Wei (Malaysia) dengan Chen Long (China), Wang Yihan (China) dengan Wang Xin (China), Wang Xiaoli/Yu Yang (China) dengan Tian Qing/Zhao Yunlei (China), dan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) dan Xu Chen/Ma Jin (China). Joachim/Christinna membuat kejutan kemarin dengan mengalahkan unggulan pertama asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan skor sangat tipis 21-12, 14-21, dan 22-20. (DC)