Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kido/Hendra Kembali Menang Tipis
22 Oktober 2011
Kido/Hendra Kembali Menang Tipis
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan kembali menang dengan skor sangat tipis di kejuaraan Denmark Open Super Series Premier2011 yang berlangsung kemarin (21/10). Mereka menang 15-21, 22-20, dan 21-19 atas unggulan keempat asal Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dengan rentang waktu 52 menit.

Sejak game pertama, kedua pasangan sudah langsung berusaha menekan lawan. Banyak serobotan cepat dan drive-drive cepat yang membuat pertandingan mereka begitu menarik untuk ditonton. Sayangnya, jenis permainan seperti ini pun juga memiliki kelemahannya sendiri, yakni, meningginya tingkat kesalahan sendiri karena menurunnya tingkat akurasi yang tergantikan tempo cepat. Dalam hal permainan gaya ini, Korsel memang terkenal kuat. Game pertama pun terbang ke tangan Ko/Yoo 21-15.

Pada game kedua, Kido/Hendra berhasil mematahkan tempo perlawanan Ko/Yoo dan balas menyetir jalannya pertandingan. Smash-smash tajam yang berpadu dengan guliran tipis net membuat Ko/Yoo lebih kewalahan daripada di game pertama yang lebih kaya drive-drive. Namun, Ko/Yoo yang terkenal agresif dan pertahanannya sulit ditembus itu menyusul ketinggalannya dari 4-7 menjadi 14-11. Kido/Hendra sempat mengibangi 14 sama, namun kemudian mereka tertinggal jauh hingga 15-20.

Saat asa nampak sudah nyaris hilang tak berbekas bagi Indonesia, Kido/Hendra membuat kejutan. Satu demi satu poin teraih hingga tiba-tiba mereka sudah memaksakan deuce 20-20. Mental Kido/Hendra terus bergeming kuat. Tenang namun fokus, mereka mengumpulkan dua poin terakhir yang sangat vital; dan mereka berhasil.

Pada game ketiga, permainan Ko/Yoo sedikit menurun; mungkin agak patah semangat karena terlanjur mengira akan memenangkan game kedua. Sepanjang paruh awal game ini, Kido/Hendra terus memimpin sebelum akhirnya terimbangi di kedudukan 15 sama, lalu 17 sama. Saat kedudukan sangat menegangkan, dari 20-17 menjadi 20-19 untuk Indonesia, akhirnya Ko/Yoo kembali melakukan kesalahan sendiri dan tiket semifinal pun melayang ke tangan Kido/Hendra yang menang 21-19.

Di semifinal hari ini, Kido/Hendra akan bertemu lawan bebuyutan, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Delapan kali bertemu sebelumnya, Kido/Hendra menang di tiga di antaranya. Pertemuan terakhir mereka di BWF Superseries Final 2010 berakhir di tengah jalan karena cedera Kido. Namun sebelumnya, di Hongkong Open Super Series 2010, mereka menang tipis 21-19 dan 23-21.

Dari blok semifinal satu lagi, unggulan pertama asal China Cai Yun/Fu Haifeng akan bertemu unggulan ketiga asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. (DC)