Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kido/Hendra Lolos dari Lubang Jarum
21 Oktober 2011
Kido/Hendra Lolos dari Lubang Jarum
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil melaju ke perempat final Denmark Open Super Series 2011 setelah melalui pertarungan yang begitu sengit melawan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang (Taipei). Mereka menjadi satu-satunya harapan Indonesia di partai putra setelah perwakilan lainnya gugur, kemarin (20/10). Kido/Hendra harus berjuang selama 42 menit sebelum berhasil merebut tiket perempat final dengan kemenangan sangat tipis, 21-19, 16-21, dan 22-20.

Sepanjang pertandingan, angka berkejaran ketat. Kido/Hendra menang agresif di game pertama. Walaupun sempat tertinggal 17-19, mental mantan juara dunia tersebut tetap baja dan akhirnya berhasil merebut game pertama 21-19.

Pada game kedua, Kido/Hendra sebenarnya sudah memimpin jauh 10-6, namun kemudian mereka “menyumbangkan” poin gratis ke lawan dengan beberapa kesalahan sendiri sehingga terkejar 10 sama. Dari titik itulah, Chen/Lin yang banyak bermain penempatan bola menekan Kido/Hendra yang tidak seagresif game pertama, dan akhirnya merebut game tersebut 21-16.

Di game penentuan, angka kembali berkejaran sengit dan saling berebut setir. Kido/Hendra kembali melancarkan strateginya di game pertama, yakni, bermain agresif dengan hujaman-hujaman smash dan serobotan cepat. Namun Chen/Lin bagai tembok tinggi yang cukup sering mematahkan perlawanan mereka, sehingga tak dapat dibayangkan siapa yang akan memenangkan persaingan tersebut.

Saat Kido/Hendra sudah memimpin 16-13, nyatanya Chen/Lin berhasil menyusul dan akhirnya memimpin 18-16. Kido/Hendra berusaha mengejar ketinggalannya, namun akhirnya baru berhasil mengimbangi pada kedudukan 19 sama. Saat Kido/Hendra sudah naik lebih dahulu 20-19, Chen/Lin berhasil memaksakan deuce. Akhirnya pertempuran pun berakhir saat bola tipis net Kido/Hendra tak dapat dikembalikan Chen/Lin.

Indonesia pun memenangkan game tersebut dengan sangat tipis, 22-20. Di perempat final hari ini, Kido/Hendra akan bertemu unggulan keempat asal Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong yang kemarin menang 21-15, 21-9 atas Ruud Bosch/Koen Ridder (Belanda).

Alvent/HendraJika Kido/Hendra sukses, beda cerita dengan Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan. Pasangan senior tersebut kalah 18-21 dan 17-21 dari pasangan kejutan Malaysia jebolan kualifikasi, Hoon Thien How/Tan Wee Kiong.

Dari tunggal putra, Indonesia pun tak bersisa. Tommy Sugiarto kalah 14-21, 16-21 dari unggulan keenam asal China, Chen Jin; Simon Santoso kalah 21-18, 16-21, dan 8-21 dari unggulan ketiga asal China, Chen Long; sedangkan Taufik Hidayat kalah 16-21 dan 16-21 dari pemain muda berbakat Denmark, Viktor Axelsen. Hari ini akan menarik untuk melihat Viktor yang bertemu dengan pemain generasi di atasnya, Peter Hoeg Gade (unggulan keempat). (DC)