Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Bersua Sudket/Saralee
19 November 2011
Tontowi/Liliyana Bersua Sudket/Saralee
 
 

Jakarta - Pertarungan kelas dunia akan terjadi di arena SEA Games XXVI di nomor ganda campuran. Dimana di babak final nanti akan mempertemukan penghuni rangking 4, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melawan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungtongkham yang notabene penyandang rangking 6 dunia.

Rijal/DebbySudket/Saralee ke final setelah menghapuskan harapan Indonesia untuk menciptakan all Indonesian final, dimana mereka mengalahkan Muhammad Rijal/Debby Susanto. Mereka menang dengan 21-11 dan 21-14.

Sedangkan Tontowi/Liliyana melaju ke final setelah berhasil mengalahkan unggulan tiga, yang juga berasal dari Thailand, Songphon Anugritayawon/Kunchala Voracivhitchaikul. Di pertemuan pertama mereka di semifinal Malaysia Grand Prix Gold 2011, mereka berhasil menang dalam tiga game 21-13, 14-21 dan 21-12.

Di semifinal kemarin (18/11), Tontowi/Liliyana berhasil menang dengan dua game langsung atas pasangan yang bertengger dirangking delapan dunia itu. Mereka menang tipis 21-19 di game pertama, tetapi di game kedua, Tontowi/Liliyana berhasil mendominasi. Mereka membuat game poin dikedudukan 20-10, tetapi karena beberapa kesalahan yang dilakukan, mereka baru bisa menutup game kedua dengan 21-14.

“Songphon termasuk atlet yang lincah, kami juga tadi masih suka lengah, Owi (Tontowi – red) masih kurang bisa mengatasi kalau lagi on fire, dia sebetulnya harus bisa (kontrol),” ujar Liliyana.

Menganai pertandingan final, Liliyana mencatatkan rekor kemenangan sembilan kali menang dan satu kali kalah atas pasangan Sudket/Saralee, tetapi rekor ini adalah rekor pertemuannya saat ia masih berpasangan dengan Nova Widianto. Bersama Tontowi, mereka belum pernah menjajal ganda campuran nomor satu Thailand itu.

“Mereka pasangan senior, kita harus waspada, dan semoga besok kita bisa menang,” harapnya.