Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rangkaian Kejutan di Ganda Campuran
25 November 2011
Rangkaian Kejutan di Ganda Campuran
 
 

Kejutan demi kejutan terjadi di babak 16 besar partai ganda campuran kejuaraan China Open Super Series Premier 2011 yang berlangsung di Shanghai, kemarin (24/11). Setelah unggulan keempat asal Indonesia gugur, tak lama kemudian, unggulan kedua asal tuan rumah pun gugur. Hasil yang sangat tak terduga.

Hasil ini tentu saja sangat mengejutkan karena empat pasangan unggulan teratas diharapkan melaju hingga ke semifinal dan kemudian diprediksikan akan saling bertarung untuk berebut gelar. Tetapi siapa yang menyangka jika dua dari empat unggulan teratas tersebut malah sudah lebih dahulu gugur bahkan sebelum merasakan babak perempat final?

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (unggulan keempat) mengalami kekalahan pahit dari Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl (Denmark) yang mereka kalahkan di Indonesia Open Super Series Premier 2011 lalu. Kali ini, Thomas/Kamilla –mantan nomor satu dunia— berhasil membalas kekalahan tersebut dengan menang 21-17 dan 21-13.

Beberapa saat setelahnya, terjadi kejutan yang kedua, yakni, kalahnya Xu Chen/Ma Jin (unggulan kedua) dari pasangan non-unggulan Malaysia yang sedang naik daun, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Chan/Goh menang melalui pertarungan sengit rubber game yang berakhir dengan skor 21-14, 11-21, dan 21-16. Dengan jatuhnya dua pasangan unggulan tersebut, babak perempat final hari ini pun terasa menegangkan karena pasangan non-unggulan terbukti mampu menjegal yang lebih diunggulkan.

Salah satu pertandingan yang pantang dilewatkan adalah kembali bertemunya Zhang Nan/Zhao Yunlei (unggulan pertama) dengan Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing (Taipei). Chen/Cheng memang kalah saat bertemu terakhir di Hongkong Open, tetapi mereka juga pernah merasakan kemenangan manis atas Zhang/Zhao saat bertemu di Japan Open Super Series September lalu. Selain itu, akan menarik pula menyaksikan dua pasangan generasi muda yang sedang naik daun saling bertarung: Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul (Thailand) dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia).

Dari ganda putra, Indonesia masih memiliki Markis Kido/Hendra Setiawan yang melaju setelah mengalahkan yuniornya, Angga Pratama/Ryan Agung Saputra dengan skor tipis 22-20 dan 21-17. Hari ini, Kido/Hendra akan bertemu unggulan ketiga asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen yang mereka kalahkan di Indonesia Open Super Series Premier tahun ini. Namun Kido/Hendra tetap harus berhati-hati karena di tiga pertemuan sebelum Indonesia Open, Mathias/Carsten selalu menang.

Perempat final ganda putra pun nampak semarak dengan hadirnya enam bendera: Indonesia, China, Jepang, Korsel, Malaysia, dan Denmark.
Pertandingan perempat final China Open hari ini akan dimulai pada pukul tiga sore WIB. (DC)