Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Hanya Satu Gelar Melayang ke Negeri Lain
28 November 2011
Hanya Satu Gelar Melayang ke Negeri Lain
 
 

Walaupun Denmark berpeluang merebut dua gelar di kejuaraan bergengsi, China Open Super Series Premier 2011 yang berakhir kemarin (27/11), namun akhirnya hanya satu yang berhasil mereka rebut, yakni, dari partai ganda putra. Pasangan ganda campurannya gagal menaklukkan unggulan pertama.

Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (unggulan ketiga) akhirnya harus merasakah kekalahan kedua kalinya dari Zhang Nan/Zhao Yunlei (unggulan pertama) yang pernah mereka kalahkan empat kali sebelumnya.

Sepanjang pertandingan, Zhang/Zhao memang terlihat lebih solid sebagai pasangan; serangannya tajam dan pertahanannya sangat baik. Tak jarang formasi Joachim/Christinna terpecah sehingga membuat pasangan Denmark ini menjadi tidak solid dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Zhang/Zhao pun akhirnya menang 21-11 dan 21-14 setelah serobotan Christinna di depan net malah menyangkut di net.

Beruntung bagi Denmark, pasangan ganda putra unggulan ketiganya, Mathias Boe/Carsten Mogensen berhasil menang 21-17 dan 21-13 atas unggulan keempat asal Korsel, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong. Game pertama memang berjalan menegangkan; angka saling bersusulan. Namun pasangan Korsel lebih tidak akurat dalam mengembalikan bola, sehingga game pertama pun melayang ke tangan Denmark.

Pada game kedua, Mathias/Carsten tampak sudah menemukan kunci untuk menekan Ko/Yoo. Seringkali pasangan Denmark melakukan smash kencang yang kemudian disusul dengan pukulan mematikan di depan net selepas pengembalian smash tersebut. Hampir setengah pertandingan game kedua berjalan demikian, membuat Ko/Yoo tak berdaya dan nampak bingung. Game kedua pun berakhir dengan pengembalian Ko/Yoo yang menyangkut di net.

Pertandingan final ganda putra ini nampak anti-klimaks setelah pertandingan semifinal Mathias/Carsten melawan senior Ko/Yoo pada hari sebelumnya. Jung Jae Sung/Lee Yong Dae memang masih terlihat lebih solid sebagai pasangan, dan lebih berbobot dalam kualitas variasi pengembalian bola serta akurasinya.

Dari tiga partai lainnya yang sudah dipastikan gelar tak kemana-mana, para jawara adalah Lin Dan (tunggal putra), Wang Yihan (tunggal putri), dan Wang Xiaoli/Yu Yang (ganda putri). Lin Dan mengalahkan Chen Long 21-17 dan 26-24, Wang Yihan menang setelah Wang Xin mengundurkan diri karena cedera, sedangkan Wang/Yu menang 21-11 dan 21-10 dari yuniornya, Tang Jinhua/Xia Huan. (DC)