Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tak Ada China di Ganda Putra
27 November 2011
Tak Ada China di Ganda Putra
 
 

Final ganda putra kejuaraan China Open Super Series Premier 2011 menjadi satu-satunya pertandingan final yang tidak memiliki perwakilan tuan rumah. Namun China sendiri sudah memastikan tiga gelar dengan terjadinya final sesama China di tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri.

Ganda putra akan mempertandingkan perwakilan dari dua negara non-China, yakni, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (Korsel) melawan Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark). Ko/Yoo kemarin melaju cukup mudah ke final dengan mengalahkan Naoki Kawamae/Shoji Sato, 21-12 dan 21-18.

Beda pengalaman dengan Mathias/Carsten yang nyaris saja terhenti saat berhadapan dengan unggulan kedua asal Korsel, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Mathias/Carsten harus berjuang selama 81 menit (ya, hampir satu setengah jam) sebelum akhirnya deras peluh keringatnya berhasil tumpah tanpa sia-sia; mereka menang sangat tipis 19-21, 23-21, dan 22-20.

Sedari awal, pertarungan semifinal antara Mathias/Carsten dan Jung/Lee memang sudah seru dan menegangkan. Bola-bola yang begitu mematikan tak jarang mampu dikembalikan dengan baik oleh kedua pasangan, membuat reli-reli yang terjadi begitu intens. Ini ketiga belas kalinya mereka bertemu, dan di sembilan pertemuan sebelumnya, Jung/Lee unggul menang.

Namun tidak di Shanghai kali ini. Mathias/Carsten begitu fokus dan bermain tanpa tekanan sehingga permainan mereka keluar semua dan akhirnya berhasil menang setelah berjuang begitu keras.

Di ganda campuran, pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen berpeluang untuk menghentikan China dari perolehan gelar keempatnya setelah China memastikan perolehan gelar di tiga partai lainnya. Joachim/Christinna menang empat dari lima pertemuan mereka dengan unggulan pertama asal tuan rumah, Zhang Nan/Zhao Yunlei.
Babak final akan berlangsung pada pukul 12 siang WIB, dengan urutan ganda putri, tunggal putri, ganda putra, ganda campuran, dan tunggal putra. (DC)