Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rijal/Debby Jegal Unggulan
02 Desember 2011
Rijal/Debby Jegal Unggulan
 
 

Pasangan ganda campuran PB Djarum, Muhammad Rijal/Debby Susanto berhasil lolos ke perempat final Macau Open Grand Prix Gold 2011 dengan mengalahkan pasangan unggulan kelima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, kemarin (1/12). Mereka bahkan menang meyakinkan, 21-11 dan 21-14.

Kemenangan Rijal/Debby kemarin banyak diperoleh dari permainan net cantik Debby yang mempersulit Chan/Goh, sehingga seringkali mereka harus mengangkat bola yang menjadi umpan empuk smash Rijal. Kepiawaian permainan Rijal/Debby tersebut pun membuat pasangan Malaysia tersebut kewalahan dan akhirnya sering melakukan kesalahan sendiri.

Sepanjang pertandingan, Rijal/Debby hampir selalu berada di atas angin; mengendalikan ritme dan tempo permainan dengan baik. Pasangan unggulan kelima peraih juara Bitburger Open 2011 itu pun terbungkam saat kalah 11-21 dan 14-21.

Hari ini, pasangan PB Djarum yang mewakili tanah air ini akan bertemu penjegal unggulan lainnya, yakni, Liao Min Chun/Chen Hsiao Huan (Taipei). Liao/Chen kemarin menang 21-17, 21-18 atas pasangan Thailand unggulan keempat, Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul.

Owi/ButetUnggulan pertama asal Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga melaju ke perempat final dengan hasil memuaskan. Mereka menang 21-8 dan 21-11 atas Lin Yu Lang/Hsieh Pei Chen (Taipei). Hari ini, mereka akan bertemu penjegal Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati di babak pertama, He Hanbin/Bao Yixin (China). He/Bao kemarin mendapat perlawanan sengit dari Fang Chieh Min/Wang Pei Rong (Taipei) sebelum menang 10-21, 21-19, dan 21-13.

Dengan terpencarnya posisi Tontowi/Liliyana dari Rijal/Debby, maka terdapat peluang untuk final sesama Indonesia. Hanya saja, jalan menuju final tetap tidak mudah. Bagi Tontowi/Liliyana, selain menghadapi He/Bao, mereka juga harus bersiap rebutan tiket final dengan wakil Thailand yang tidak mudah, baik itu Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam atau Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai.

Dakian Rijal/Debby bahkan lebih terjal lagi. Selain Liao/Chen yang mereka hadapi hari ini, di depan mata tampak calon-calon lawan yang tangguh, seperti Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na yang mengalahkan Nova Widianto/Vita Marissa kemarin, atau unggulan kedua asal Taipei Chen Hung Ling/Lin Yu Lang.

Perempat final hari ini akan dimulai pada pukul 14:00 WIB. Rijal/Debby akan bertanding pada pukul 17:00 WIB, sedangkan Tontowi/Liliyana dijadwalkan pada pertandingan terakhir pukul 20:45 WIB. (DC)