Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Tembus Semifinal
14 Januari 2012
Tontowi/Liliyana Tembus Semifinal
 
 

Kabar menggembirakan datang dari negeri Jiran, Malaysia. Indonesia mempunyai wakil di babak semifinal pada kejuaraan Malaysia Open Super Series 2012. Pada kejuaraan berhadiah total USD 400.000,- satu wakil Indonesia di babak semifinal di persembahkan dari nomor ganda campuran melalui pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Juara Kumpoo Macau Open 2011 ini memang layak menjadi semifinalis. Permainan yang mereka peragakan pada babak perempat final terutama di babak kedua ketika menghadapi pasangan dari Thailand Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai sangat menjanjikan. Hanya saja di babak awal, Liliyana Natsir terlihat kurang sabar dan cenderung terburu-buru. Angka yang didapat oleh pasangan dari Thailand dikarenakan kesalahan yang dibuat pasangan Indonesia. Meski sempat unggul tipis pada jeda game pertama dengan 11-10, pasangan Indonesia justru tertinggal cukup jauh dengan 12-16. Beruntung Tontowi tidak terpengaruh dengan keadaan di lapangan. Ia tetap konsisten menyerang lawan dengan smash keras. Hasilnya pun pasangan Indonesia mampu menyamakan kedudukan hanya dalam satu kali service menjadi 16-16.

Kemudian, pasangan Indonesia yang unggul 19-17 masih sempat di samakan kedudukannya oleh pasangan Thailand menjadi 19-19. Bahkan pasangan Thailand mampu memaksa pertandingan berjalan deuce saat angka berada pada 20-20. Beruntung di saat angka kritis pasangan Indonesia tetap fokus dan akhirnya bisa merebut game pertama dengan 22-20.

“Pada game pertama saya sering melakukan kesalahan sendiri karena terlalu terburu-buru. Justru Tontowi sudah bisa lebih tenang dan pukulannya tetap akurat. Ini merupakan suatu pelajaran buat saya, semoga kedepannya tidak seperti ini lagi,” ujar Liliyana menganalisa.

Di game kedua, pasangan Thailand seperti kehilangan konsentrasi. Permainan mereka menjadi kacau. Pasangan Indonesia pun tidak mau membuang kesempatan. Mereka tetap konsisten menyerang dari pertandingan dimulai hingga berakhirnya game kedua dengan 21-9 untuk pasangan Indonesia.

“Pada game kedua kami lebih percara diri sementara lawan sepertinya sudah down jadi kami bisa menang dengan skor cukup telak,” tambah Liliyana.

Tontowi/LiliyanaDengan hasil ini, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bertemu unggulan kedua dari China, Xu Chen/Ma Jin. Dengan pasangan dari China ini, pasangan Indonesia sudah pernah bertemu sebanyak tiga kali. Pada pertemuan pertama yang terjadi di Singapore Open Super Series 2011 lalu, pasangan Indonesia menang dalam dua game. Tetapi di dua pertemuan terakhir pasangan China unggul. Dengan demikian maka rekor pertemuan keduanya masih dipegang pasangan China dengan 2-1.

Semifinalis lainnya akan mempertemukan Zhang Nan/Zhao Yunlei yang menempati unggulan pertama melawan wakil tuan rumah Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. (AR)