Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Terhenti
15 Januari 2012
Tontowi/Liliyana Terhenti
 
 

Harapan untuk meraih gelar perdana di awal tahun 2012 belum terwujud. Satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di babak semifinal, terhenti. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum berhasil melewati ujian pada babak semifinal. Pasangan dari China Xu Cheng/Ma Jin menjadi pasangan yang mampu menghentikan aksi pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia.

Tontowi/LiliyanaKeragu-raguan menjadi penyebab kalahnya pasangan Indonesia dari pasangan China. Hal inipun diakui oleh Liliyana. “Ini penyakit lama, kami sudah unggul, tapi malah tersusul dan kalah. Saya pribadi merasa kurang tampil maksimal hari ini, banyak sekali pukulan saya yang ragu-ragu. Kami juga kalah di permainan depan, kalau sudah begini mau tidak mau harus main defense, tapi ternyata pertahanan kami juga tidak solid,” jelas Liliyana.

Sebenarnya di game pembuka pasangan Indonesia mampu menunjukkan permainan terbaiknya. Tetapi beberapa kesalahan, membuat juara Kumpoo Macau Open 2011 terkejar dan bisa di lewati perolehan angkanya. Sampai interval game pertama, pasangan Indonesia tertinggal dengan 10-11. Pasangan Indonesia selanjutnya hanya bisa mendekati perolehan angka pasangan dari China tanpa bisa menyamakan kedudukan. Game pertama pun menjadi milik pasangan China dengan 21-17.

Hal yang sama terjadi kembali di game kedua. Di awal game kedua pasangan Indonesia seolah-olah bangkit. Tetapi kebangkitan pasangan Indonesia hanya sampai angka sepuluh saja. Pasangan China yang juga unggul di depan net terus melesat. Tak lama berselang, game kedua menjadi milik pasangan dari China dengan 14-21. Dengan hasil ini maka head to head kedua pasangan ini masih di pegang oleh pasangan dari China dengan skor 3-1.

Semifinalis lainnya, Zhang Nan/Zhao Yunlei semakin memantapkan posisinya sebagai ganda campuran nomor satu dunia. Tanpa kehilangan satu game pun, Pasangan dari China yang juga sempat menjuarai Djarum Indonesia Open Super Series 2011 lalu, menang dari wakil tuan rumah Chan Peng Soon /Goh Liu Ying dengan 21-13, 21-16.

Dengan hasil ini maka satu gelar sudah pasti di rebut China karena dua pasang ganda campuran China Xu Cheng/Ma Jin serta Zhang Nan/Zhao Yunlei saling bertemu di babak final. (AR)