Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Kejutan Pertama Hayom
08 Maret 2012
Kejutan Pertama Hayom
 
 

Pebulutangkis putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka mengawali langkahnya di turnamen bulutangkis paling bergengsi Yonex All England Super Series 2012 dengan mengalahkan pemain yang berada dalam sepuluh besar dunia. Kejutan yang dibuat olehpemain yang biasa di sapa dengan Hayom ini membuat publik Birmingham tercengang. Pasalnya, Du Pengyu merupakan salah satu pemain yang lebih di unggulkan ketimbang Hayom. Dalam waktu lebih dari satu jam Hayom berjuang tanpa mengenal lelah melawan pemain yang berada di peringkat sepuluh dunia. Pengalaman ketika mengalahkan Du Pengyu pada kejuaraan Yonex Japan Open Super Series 2011 lalu, rupanya dijadikan bahan untuk mengalahkan Pemain China ini untuk kedua kalinya.

i game pembuka permainan kedua pemain ini berimbang, hanya saja Hayom lebih banyak berinisiatif melalukan penyerangan dan unggul dalam permainan di depan jaring, sehingga game pertama bisa di rebut Hayom dengan 21-16.

Di game kedua konsentrasi Hayom sedikit menurun, terutama setelah angka bisa disamakan oleh pemain China pada 10-10. Pemain China yang mengetahui hal ini segera memanfaatkannya dan bisa merebut game kedua dengan 21-15 serta memaksa pertandingan berjalan rubber game.

Pertarungan menegangkan terjadi di game ketiga. Game ketiga berlangsung sangat ketat. Hayom yang tertinggal di awal game penentuan sempat menutup jeda game ketiga dengan unggul tipis 11-10. Di angka kritis pun Hayom masih tetap tertinggal dengan 13-17. Dengan berbekal smash keras yang menjadi andalannya, Hayom akhirnya bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan menang dengan 21-19.

Pemain tunggal putri asal PB Djarum, Maria Febe Kusumastuti juga sukses memetik kemenangan di babak utama. Febe juga berhasil menepis trauma dua kali kekalahan yang terjadi di tahun lalu dari pemain Singapura ini. Dalam dua game, Febe yang kini berperingkat 41 dunia bisa menundukkan Gu Juan yang ada di urutan 17 dunia dengan 21-19, 21-9.

Kabar berita gembira selanjutnya datang dari dua pasang ganda campuran Indonesia Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Muhammad Rijal/Debby Susanto juga bisa menerobos babak kedua setelah mengalahkan pasangan dari Skotlandia Robert Blair/Jillie Cooper dengan 21-15, 21-17. Unggulan keempat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengawali turnamen All England dengan harus bermain rubber game saat menghadapi pasangan dari Malaysia Jian Guo Ong/Yin Loo Lim. Kalah di game pertama dengan 18-21, juara Li Ning Singapore Open Super Series 2011 ini bisa merebut dua game tersisa dengan 21-8, 21-19.

Di ganda putra Mohammad Ahsan Bona Septano pun lolos dari lubang jarum saat menghadapi Tony Gunawan/Howard Bach yang berbendera Amerika Serikat. Pasangan Indonesia yang di unggulkan di tempat ketujuh ini harus bersusah payah untuk menang dari juara dunia tahun 2005. Pasangan Indonesia ini dipaksa bermain rubber game sebelum akhirnya menang dengan 21-19, 17-21, 21-14.

Di babak kedua yang akan dimainkan hari ini, Hayom akan menghadapi pemain Jepang Sho Sasaki yang merupakan pemain unggulan. Di tunggal putri, Febepun harus menghadapi pemain unggulan asal China Li Xuerui. Mohammad Ahsan/Bona Septano bertemu pasangan Malaysia yang kini di gabungkan kembali Mohd Zakry Abdul latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari. (AR)