Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Kejutan Lanjutan Dari Hayom
09 Maret 2012
Kejutan Lanjutan Dari Hayom
 
 

Pebulutangkis asal PB Djarum, Dionysius Hayom Rumbaka kembali membuat kejutan besar pada kejuaraan Yonex All England Super Series 2012 yang berlangsung di Birmingham, Inggris. Pada babak kedua, Hayom membuat pecinta bulutangkis tercengang dengan aksinya yang mengalahkan pemain yang bertengger di unggulan keenam. Sho Shasaki, pemain asal Jepang yang terkenal ulet mampu di kalahkan Hayom hanya dalam dua game saja. Padahal di dua pertandingan sebelumnya, Hayom selalu menderita kekalahan.

Hayom kali ini bermain sangat taktis. Pancingan bola di depan net menjadi senjata yang mematikan. Berulang kali net tipis yang di lancarkan oleh Hayom banyak membuahkan hasil di samping smash keras yang menjadi andalannya. Sho Sasaki seperti tak siap dengan pola yang di peragakan oleh Hayom. Di game pertama, Sho Sasaki hanya bisa dua kali menyamakan angka, sisanya Hayom berhasil menguasai jalannya pertandingan dan menang dengan 21-17.

Di game kedua permainan mulai berjalan seimbang. Rupanya pemain Jepang mulai bangkit dan bisa mengimbangi pola yang di terapkan oleh Hayom. Tetapi Hayom tetap bisa terus unggul sampai interval game kedua dengan 11-9. Tak hanya sampai di situ, dengan senjata smashnya Hayompun bisa mengakhiri game kedua dengan 21-17.

Dari awal Sho Sasaki terlihat tidak nyaman dengan pola permainan yang saya terapkan. Tadi saya mencoba bermain serang dengan tempo yang cepat, saya tidak ingin mengikuti pola permainan dia,” Ujar Hayom mengomentari kemenangannya. Ia pun berharap, kemengan atas Sho Sasaki menjadi modal kebangkitannya. “Semoga kemenangan hari ini membuat rasa percaya diri saya meningkat dan bisa memenangkan pertandingan-pertandingan saya selanjutnya,” tambahnya.

Dengan keberhasilanya mengalahkan pemain yang berada di peringkat enam dunia, Hayom maju ke babak perempat final dan akan menantang unggulan utama Lee Chong Wei asal Malaysia.

Tiga kali sudah Hayom bertemu dengan pemimpin peringkat tunggal putra dunia. Tetapi Hayom belum berhasil menang sekalipun dari pemain yang di tahun 2011 lalu juga berhasil menjadi juara di All England. Terakhir Hayom kalah mudah dari Lee Chong Wei pada kejuaraan piala Sudirman tahun lalu.

Tentunya saya tidak ingin kejadian itu terulang Saya mengakui jika saat itu saya bermain kurang maksimal dan minim persiapan. Saya berharap kali ini bisa mengimbangi Lee Chong Wei dan yang terpenting saya bisa mengeluarkan permainan saya dulu,” harap Hayom.

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga mampu menempatkan diri pada babak delapan besar setelah menang dari pasangan China He Hanbin/Bao Yixin dengan 21-11, 21-18.

Sayangnya beberapa pasangan ganda putra, putri dan campuran Indonesia harus terhenti langkahnya di babak kedua. Markis Kido/Hendra Setiawan menyerah dari pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan 18-21, 17-21. Meiliana Jauhari/Greysia Polii kembali menyerah pada pasangan ganda putri nomor satu dunia asal China Wang Ziaoli/Yu Yang dengan 16-21, 12-21. Di ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto pun harus mengakui ketangguhan pasangan Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dengan 18-21, 17-21. (AR)