Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rijal/Debby Kalahkan Unggulan
15 Maret 2012
Rijal/Debby Kalahkan Unggulan
 
 

Pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto berhasil menundukkan salah satu pasangan unggulan di hari kedua turnamen Swiss Open Grand Prix Gold 2012 yang berlangsung di kota Basel, Swiss. Michael Fuchs/Birgit Michels asal Jerman yang menjadi unggulan ke tujuh yang takluk untuk kedua kalinya dari Muhammad Rijal/Debby Susanto melalui pertarungan yang sangat ketat.

Di game pertama pasangan Indonesia yang unggul dalam perolehan angka sejak service di mulai, di luar dugaan ternyata mampu dikejar dan di samakan menjadi 19-19. Beruntung pasangan Indonesia bisa meraih dua angka kemenangan dan menutup game pertama dengan 21-19. Di game kedua, pasangan Indonesia seperti kehilangan konsentrasi dan kalah dengan 15-21. Di game penentuan, pasangan Indonesia kembali pada performa terbaiknya sehingga bisa menang dengan 21-14. “Sejak awal kami sudah menerapkan pola yang benar dengan bermain halus dan penempatan bola yang menyulitkan mereka, namun kami sempat masuk permainan cepat yang mereka terapkan hingga tersusul,” ungkap Rijal mengomentari jalannya pertandingan.

Juara All England 2012 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga masih bermain konsisten saat menghadapi pasangan dari Jerman Johannes Schoettler/Sandra Marinello. Dalam waktu dua puluh empat menit, pasangan Indonesia yang diunggulkan di posisi pertama ini menang dengan 21-11, 21-10.

Ganda putri asal PB Djarum, Meiliana Jauhari yang berpasangan dengan Greysia Polii masih terlalu tangguh dari pasangan Inggris Mariana Agathangelou/Heather Olver. Finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini unggul hanya dalam dua game saja. Di game pembuka ganda putri nomor saru Indonesia ini menang dengan 21-16. Hal yang sama terjadi di game kedua, Meiliana/Greysia menang dengan 21-16.Turut melaju ke babak kedua pasangan Vita Marissa/Nadya Melati. Finalis Indonesia Open 2011 ini menang dari pasangan Kanada Alex Bruce/Michelle Li dengan 21-11, 21-14.

Tiga ganda putra Indonesia semuanya bisa menempatkan diri di babak kedua. Pertarungan sangat ketat harus di jalani pasangan muda Indonesia Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Dalam waktu hampir satu jam pasangan Indonesia ini menang dari pasangan masa depan China Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Game pertama, pasangan Indonesia menang dengan 21-16. Di game kedua, pasangan Indonesia ganti menyerah dengan 16-21. Di game ketiga kembali pasangan Indonesia menang dengan 21-18. Unggulan ke empat Markis Kido/Hendra Setiawan sukses memetik kemenangan pertama saat menghadapi Gan Teik Chai/Tan Bin Shen dari Malaysia dengan 22-20, 21-18. Alvent Yulianto /Hendra Aprida Gunawan pun tak mau kalah. Pasangan yang diunggulkan di posisi kelima ini menang dari pasangan Swiss Roger Schmid/Gilles Tripet dengn 21-11, 21-13.

Meski sudah berjuang dengan rubber game, pebulutangkis putri Indonesia Adriyanti Firdasari harus mengakui ketangguhan Wang Yihan. Firda kalah dengan 21-19, 15-21, 16-21.

Hari ketiga akan menjadi hari yang berat untuk sejumlah pemain Indonesia. Pasangan ganda putri Meiliana Jauhari/Greysia Polii harus berjumpa Xia Huan/Tang Jinhua dari China. Vita Marissa/Nadya Melati telah di tunggu unggulan ketujuh Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin dari China Taipei. Muhammad Rijal/Debby Susanto di ganda campuran juga harus menghadapi pasangan China He Hanbin/Bao Yixin. Ganda putra, Angga Pratama/Ryan Agung Saputra bertemu unggulan ketiga Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dari Jepang.
Lawan relatif mudah akan di temui oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Unggulan pertama ini hanya akan menghadapi pasangan Denmark yang belum mempunyai peringkat dunia Anders Kristiansen/Line Damkjaer Kruse. (AR)