Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Tembus Semifinal
17 Maret 2012
Tontowi/Liliyana Tembus Semifinal
 
 

Indonesia berhasil menempatkan tiga wakil di babak semifinal pada kejuaraan bulutangkis Swiss Open Grand Prix Gold 2012 yang berlangsung di Basel, Swiss. Kepastian ini di dapat setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran, Taufik Hidayat di tunggal putra serta Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan menang di babak perempat final dari lawan-lawannya.

Tak mudah bagi juara All England Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk bisa menang dari pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Meski sudah bertemu sebanyak tiga kali tetapi tetap butuh konsentrasi yang tinggi untuk bisa mengalahkan unggulan kelima ini. Terbukti, dua dari tiga kali pertemuan sebelumnya harus berakhir dengan rubber game. Hal yang sama kembali terulang di babak perempat final Swiss Open Grand Prix Gold 2012. Pasangan Indonesia yang di hargai sebagai unggulan pertama ini harus bekerja keras selama tiga game untuk bisa menembus babak empat besar.

Memulai game pertama, pasangan Indonesia mempunyai kesempatan menang lebih cepat. Hal ini tergambar dari raihan angka yang di dapat pasangan Indonesia. Unggul jauh 15-10,pasangan Indonesia seolah akan segera mengakhiri game pertama. Tetapi rupanya pasangan Malaysia mampu mengimbangi permainan pasangan Indonesia dan berhasil menyamakannya justru pada saat angka kritis 17-17. Beruntung pasangan Indonesia bisa menutup game pembuka dengan 21-19.

Di game kedua, pasangan Indonesia tak jua bisa lepas dari tekanan dan selalu tertinggal dalam pengumpulan angka, terutama setelah jeda. Sempat tertinggal jauh 10-17 pasangan Indonesia hanya bisa memperkecil jarak dengan 18-20. Harapan untuk memenangkan pertandingan dalam dua game seperti yang terjadi di All England Super Series Premier 2012 musnah, setelah satu angka bisa di ambil pasangan Malaysia. Tontowi/Liliyana harus merelakan game kedua di rebut pasangan Malaysia dengan 18-21.

Pasangan Indonesia terkesan bangkit pada game penentuan. Unggul dalam smash keras, pasangan Indonesia melesat dengan 15-8. Hanya dalam sekali service, pasangan Malaysia ganti mengejar menjadi 15-13 dan kemudian menyamakan kedudukan dengan 16-16. Mendekati akhir game penentuan, pasangan Malaysia hanya butuh satu angka untuk meluncur ke babak semifinal setelah unggul 20-18. Tontowi/Liliyana bangkit dan mampu membuat kedudukan deuce saat angka sama 20-20. Setelah terjadi tiga kali angka sama akhirnya pasangan Indonesia menang dengan 25-23.

Dua partai lainnya juga harus berjalan rubber game. Taufik yang tengah mengincar point untuk bisa berlaga di Olimpiade, dipaksa bermain panjang oleh pemain Korea Shon Wan Ho. Menang di game pertama dengan 21-14, Taufik menyerah di game kedua dengan 10-21. Di game ketiga Taufik kembali menang dengan 21-19.
Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga bermain rubber game saat menghadapi pasangan Malaysia Goh V Shem/Teo Kok Siang sebelum akhirnya menang dengan 21-15, 12-21, 21-12.

Pada babak semifinal yang akan di mulai pukul 13.00 waktu setempat,Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bertemu Chris Adcock/Imogen Bankier. Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan menghadapi pasangan Jepang Naoki Kawamae/Shoji Sato, sementara Taufik Hidayat kembali bertemu Chen Jin pemain China yang di kalahannya pada All England lalu. (AR)