Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Hayom Bersaing Dengan Nguyen
21 Agustus 2012
Hayom Bersaing Dengan Nguyen
 
 

Pebulutangkis andalan Indonesa Dionysius Hayom Rumbaka akan bersaing ketat dengan pebulutangkis Vietnam untuk meraih gelar juara pada kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2012. Pada kejuaraan berhadian total USD 50,000,- ini Hayom menempati paruh undian bawah. Sebagai pemegang unggulan kedua Hayom berada jauh dengan Nguyen yang menjadi unggulan utama. Di prediksi Hayom akan bertemu dengan andalan tuan rumah pada partai puncak.

Di paruh undian bawah Hayom bersama dengan dua punggawa PB Djarum  lainnya, Arif Gifar Ramadhan serta Shesar Hiren Rustavito. Pertemuan antara pemain asal PB Djarum masih memungkinkan terjadi. Hanya saja semuanya harus bisa menghentikan lawan-lawan mereka. Lawan Hayom di babak pertama adalah pemain India yang pernah di kalahkannya. Anup Sridhar akan coba dikalahkan juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2011 ini, untuk kedua kalinya.

Di babak kedua Hayom akan berhadapan dengan pemenang antara Chong Yee Han (Malaysia) dengan pemain tuan rumah Nguyen Hoang Nam. Seandainya terus melaju, Suppanyu Avihingsanon dari Thailand yang menempati unggulan ke-14 akan menjadi lawan di babak ketiga. Hayom harus berhati-hati dengan pemain yang memiliki peringkat 59 dunia ini. Meski secara keseluruhan pertemuannya dengan pemain Thailang masih unggul, tetapi Hayom pernah sekali kalah dari empat kali kemenangannya. Di pertemuan terakhir pada kejuaraan Asia 2012, Hayom secara meyakinkan menang dalam dua game saja. Calon lawan kuat bagi hayom di babak perempat final kemungkinan akan datang dari Anand Pawar dari India, pemain gaek Malaysia Wong Choong Hann, Chou Tien Chen asal China Taipei atau bisa juga dengan Arif Gifar Ramadhan.

Bagi Arif Gifar Ramadhan untuk bisa melangkah lebih jauh, ia harus bisa mengawali babak pertama dengan baik. Perbedaan peringkat hampir separuhnya dengan Shu Wada, lawan di babak pertama dari Jepang akan  coba di tembus oleh Arif yang kini ada di peringkat 257 dunia. Arif belum pernah bertemu dengan pemain Jepang berperingkat 133 dunia ini. Undian yang harus di jalani Arif Gifar terlihat sangat terjal. Seandainya mampu menembus babak pertama, di babak kedua ia sudah harus bertemu unggulan 13, Anand Pawar dari India. Jika ia bisa membuat kejutan dengan menghentikan Anand yang bertengger di peringkat 56 dunia lawan-lawan berat akan kembali harus di hadapinya.

Masih di paruh undian bawah, Shesar Hiren Rustavito berpeluang menembus babak kedua. Shesar yang nyaris menembus 100 besar dunia, bertemu dengan pemain yang lolos dari babak kualifikasi Kok Pong Loke (Malaysia) di babak pertama. Di babak kedua, pemain muda harapan Indonesia ini harus mengeluarkan seluruh kemampuannya jika ingin terus melaju ke babak berikutnya. Finalis US Open 2012, Takuma Ueda dari Jepang di prediksi akan menjadi lawan Shesar di babak kedua.

Riyanto Subagja menjadi satu-satunya pemain asal PB Djarum yang berlaga di paruh undian atas. Lawan Riyanto di babak pertama adalah pemain Thailand Boonyakorn Thumpanichwong yang mempunyai peringkat masih berada jauh darinya. Hanya saja, undian menempatkannya berada sangat dekat dengan pemimpin unggulan tunggal putra. Seandainya bisa lewat dari pemain Thailand, di babak kedua ia sudah harus bertemu dengan Ngyuen Tien Minh.

Turnamen yang diselenggarakan mulai tanggal 20-26 Agustus 2012 ini juga di serbu pemain-pemain Indonesia lainnya. Sony Dwi Kuncoro yang tengah mencoba kembali ke hiruk pikuk dunia bulutangkis mencatatkan diri hadir pada turnamen yang dilaksanakan di Ho Chi Minh City ini. Sony menduduki peringkat kelima, di bawah Alamsyah Yunus yang berada di unggulan keempat. Dua pemain muda lainnya mendapat undian yang kurang menguntungkan.Baik Adi Pratama maupun Alrie Guna Dharma sudah harus melayani pemain unggulan di babak pertama. (AR)