Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Dua Ganda Indonesia Melaju ke Semifinal
25 Agustus 2012
Dua Ganda Indonesia Melaju ke Semifinal
 
 

Sumber foto: pb-pbsi.org

Indonesia mempunyai dua wakil ganda putra pada babak semifinal kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2012. Dua wakil ganda putra yang mengantungi tiket empat besar menang dari rekannya sendiri pada babak perempat final.

Afiat Yuris Wirawan/Yohanes Rendy Sugiarto unggul dari pemain senior yang baru saja berpasangan,  Markis Kido/Alvent Yulianto. Dalam pertemuan pertama antara ganda senior dengan yunior yang berlangsung di babak perempat final ini justru dimenangkan oleh Afiat Yuris Wirawan/Yohanes Rendy Sugiarto yang terhitung yunior di bandingkan Markis Kido/Alvent Yulianto. Menyadari kelebihan dari lawan, Afiat/Rendy langsung menggebrak di game pertama. Kido/Alvent terihat belum siap dengan serangan yang di lancarkan Afiat/Rendy. Game pertama pun berkesudahan mudah bagi Afiat/Rendy dengan 21-9. Di game kedua, pertandingan berlangsung lebih seru. Hanya saja Afiat/Rendy yang terlihat unggul dalam kekompakan bisa lebih dulu mencapai angka 21 sementara Kido/Alvent hanya menyentuh angka 17.



Dua ganda Indonesia lainnya yang saling berhadapan di babak perempat final akhirnya dimenangkan oleh Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda. Juara Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012 ini harus mengalahkan rekannya yang juga berasal dari Pelatnas, Markus Fernaldi/Agripinna Prima. Pertandingan keduanya berjalan dengan seru. Game pertama di rebut oleh Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda dengan 21-17. Game kedua ganti di rebut lawan yang di unggulkan di posisi ketujuh dengan 21-11. Pada game penentuan, Ricky/Ulinnuha bisa berbalik unggul dengan 21-13. Dengan demikian maka pertemuan keduanya pada ajang resmi berubah menjadi 2-0 bagi Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda.

Perjuangan lebih berat akan di hadapi dua ganda muda Indonesia di babak semifinal. Keduanya harus bertemu dengan unggulan pertama dan kedua ganda putra. Afiat Yuris Wirawan/Yohanes Rendy Sugiarto akan menghadapi unggulan utama Kim Ki Jung/ Kim Sa Rang dari Korea Selatan. Sementara Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda akan menjamu unggulan kedua Bodin Issara/Maneepong Jongjit dari Thailand. Peluang Afiat Yuris Wirawan/Yohanes Rendy Sugiarto menembus partai puncak lebih terbuka. Pasangan dengan peringkat 48 dunia ini menang pada pertemuan pertama yang terjadi pada kejuaraan asia 2012 lalu bahkan hanya dalam dua game saja. Sementara itu bagi pasangan Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda, baru pertama kali ini menghadapi pasangan Thailand yang bermain apik pada Olimpiade London 2012 lalu.

Jika dua amunisi muda Indonesia bisa membuat kejutan dengan mengalahkan lawan-lawannya, tak dapat di pungkiri lagi maka gelar ganda putra akan berpindah ke tanah air. Hal ini berarti dua pasang ganda putra Indonesia akan saling berhadapan di partai final yang akan dimainkan pada hari Minggu (26/8). (AR)