Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Indonesia Berpeluang Rebut Gelar
21 Agustus 2012
Indonesia Berpeluang Rebut Gelar
 
 

Ganda campuran Vietnam Open 2012 akan dimainkan tanpa unggulan pertama asal Thailand, Manepong Jongjit/Savitree Amitapai yang mengundurkan diri. Ketiadaan unggulan pertama ini, diatas kertas akan menjadi peluang tambahan bagi ganda Indonesia besutan PB Djarum yang menjadi skuat Pelatnas, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati. Duo yang reuni pada akhir tahun lalu ini, menempati unggulan ketiga, sementara unggulan dua ditempati oleh Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo dari Singapura.

Berada di papan atas drawing, Fran/Shendy akan menantang ganda Malaysia dan Thailand untuk babak pertama dan kedua. Mereka akan berhadapan dengan Wee Gleeb Tan/Mei Quan Chow dari Malaysia yang masuk ke babak utama menggantikan tempat kosong karena pengunduran diri atlet lain. Di babak kedua, mereka akan berhadapan dengan pemenang parta sesama Thailand antara Patipat Chalardchaleam/Jongkonphan Kittiharakul melawan Nipitphon Puangpuapech/Rodjana Chuthabunditkul.

Jika mampu lolos ke perempat final, Fran/Shendy berpeluang untuk bersua dengan sesama Indonesia, dimana ada Riky Widianto/Richi Dili Puspita yang menduduki unggulan ketujuh. Partai perempat final sesama Indonesia ini, bisa terjadi jika Riky/Richi mampu menundukkan Zhao Jiang Terry Yeo/Dellis Yuliana di babak pertama, sedang di babak kedua mereka kemungkinan besar berhadapan dengan Tan Wee Kiong yang diduetkan dengan Vivian Kah Mun Hoo dari Malaysia.

Kandidat kuat penantang mereka di semifinal adalah unggulan enam asal Malaysia, Tan Aik Quan/Lai Pei Jing dengan tanpa menutup kemungikan akan ada kejutan dari ganda Thailand, Songphon Anugritayawon/Lam Narisapat.

Sementara di pool bawah, Indonesia diwakili oleh Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni unggulan keempat, pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah serta tambahan dari ganda yang lolos kualifikasi, Putra Eka Rhoma/Rizky Amelia Pradipta.

Kido/Pia jika mampu menghadapi duel pertamanya melawan unggulan dua, Danny/Yu kemungkinan akan bisa mencapai babak semifinal untuk kemudian menantang ganda Indonesia lainnya, Irfan/Weni. Itu pun terjadi jika Irfan/Weni mampu menundukkan Kim Sa Rang/Hye In Choi unggulan delapan asal Korea.

Selain itu, Indonesia juga diwakili oleh dua atlet Indonesia yang menggandeng atlet non Indonesia, yakni Devi Tika Permatasari berpasangan dengan Mohd Razif Abdul Latif asal Malaysia, dan Keshya Hanadia Nurvita berpasangan dengan Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari. (IR)