Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Edi /Arya Dekati Partai Puncak
15 September 2012
Edi /Arya Dekati Partai Puncak
 
 

Pasangan ganda putra andalan Indonesia Edi Subaktiar / Arya Maulana semakin mendekati babak puncak pada kejuaraan Malaysia International Youth Under 19 Badminton Championships 2012. Unggulan pertama pada kejuaraan berhadiah total USD 15.000,- ini, berhasil menerobos babak semifinal. Sayangnya usaha mereka masuk babak empat besar harus mengalahkan rekan satu klubnya sendiri Kevin Sanjaya/Rafiddias Akhdan Nugroho.

Kedua pasangan masa depan Indonesia ini harus saling berjibaku pada babak perempat final yang di mainkan pada Jumat (14/9) kemarin. Meski bertanding sesama pemain dari Indonesia, kedua ganda dari PB Djarum ini bermain habis-habisan. Apalagi Edi/Arya ingin membalas kekalahan dari Kevin/Rafiddias yang di alami pada kejuaraan Tangkas Specs Junior Challenge Open Badminton Championship 2012 lalu. Jalannya pertandinganpun berjalan seru. Keduanya benar-benar mengeluarkan seluruh kemampuan mereka.

Di game pertama, akhirnya Juara Asia Yunior 2012 ini menang  dengan 21-18. Di game kedua, kembali kedua pasangan saling ganti memimpin perolehan angka. Kevin/Rafiddias sebenarnya sempat hampir bisa menyelesaikan pertandingan. Unggulan ketujuh ini sempat menyentuh angka 20 terlebih dahulu sementara Edi/Arya mengikuti di belakangnya dengan 19. Sayang satu tambahan angka urung di dapat oleh Kevin/Rafiddias, justru Edi/Arya yang bisa mendapat tambahan satu angka untuk menjadikan pertandingan berjalan deuce 20-20. Dua angka yang di butuhkan oleh Edi/Arya akhirnya bisa di dapat dan menutup game kedua dengan 22-20.

“Tadi kita mencoba fokus dan konsentrasi. Tidak memikirkan hal-hal lain,” ujar Edi berbagi resep kemenangan.  “Saya mainya ragu-ragu. Padahal game kedua sempat unggul. Tapi tetap kalah,” kata Rafiddias sambil menyesali kekalahannya.

Indonesia masih mempunyai satu wakil lagi di babak semifinal melalui Hafiz Faizal/Putra Eka Rhoma. Ganda yang menempati unggulan ke lima ini kemarin mengalahkan Hantoro/Arsya Isnanu. Hantoro/Arsya gagal membalas kekalahan yang di derita pada pertemuan sebelumnya. Meski kalah, unggulan kedua ini sempat mencuri satu game. Di game pertama, juara India Junior International Badminton Championship 2012 ini, menyerah dengan 16-21. Di game kedua Hantoro/Arsya bisa berbalik unggul dengan 18-21. Sayang banyaknya kesalahan sendiri yang dibuat Hantoro/Arsya menjadikan lawan unggul dan menang dengan 21-16.

“Sebenarnya permainan tadi seimbang. Hanya saja kami banyak mati sendiri,” tutur Hantoro.

Langkah Yantoni Edy Saputra/Tedi Supriadi  juga terhenti di babak perempat final. Unggulan ketiga ini tak mampu menahan kekuatan ganda Hongkong Lee Chung Hei/Ng Ka Long yang sempat menjadi semifinalis kejuaraan Asia Yunior 2012. Yantoni/Tedi menyerah degan 15-21, 10-21. “Lawan kami berat. Mereka pasangan papan atas yunior,” papar Yantoni.

Partai semifinal kejuaraan Asia Yunior 2012 terulang. Edi Subaktiar/Arya Maulana kembali harus menghadapi musuh Lee Chung Hei/Ng Ka Long asal Hongkong juga di babak semifinal. Edi berharap kemenangan yang pernah di raih tidak menjadi beban mereka. “Di semifinal nanti kami ingin mencoba tetap fokus dan menikmati permainan saja,” pungkas Edi.

Harapan untuk memunculkan dua pasang di ganda putra masih tetap terbuka. Semifinalis asal Indonesia lainnya Hafiz Faizal/Putra Eka Rhoma juga berpeluang untuk masuk babak final. Di babak semifinal unggulan kelima ini akan bertemu andalan Malaysia Darren Issac Deva Dass/Yew Sin Ong.

Di ganda putri, Indonesia juga masih mempunya peluang untuk memunculkan wakil di babak final. Dua pasang ganda Indonesia yang bermain di babak perempat final, semuanya berhasil masuk babak empat besar. Lya Ersalita/Ruselli Hartawan yang menempati unggulan ketiga berjaya dengan mengalahkan ganda Thailand Pornpawee Chochuwong/Alisa Sapniti dengan 21-12, 21-14. Ni Ketut Mahadewi/Ila Alvionitasari Putri yang tidak memiliki unggulan juga berhasil menang dari pasangan tuan rumah Malaysia Yee See Cheah/Kah Mun Chin dengan 21-18, 21-19. Kedua pasang ganda putri Indonesia pada babak semifinal akan bertemu dengan ganda dari Korea Selatan. Satu-satunya pasangan unggulan yang tersisa, Lya Ersalita/Ruselli Hartawan akan menghadapi Lee Sun Min/Shin Seung Chan sementara Ni Ketut Mahadewi/Ila Alvionitasari Putri akan mencoba melayani permainan Chae Yoo Jung /Kim Ji Wong. (AR)