Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Arya/Edi Geser Kevin dari Peringkat Satu Dunia
21 September 2012
Arya/Edi Geser Kevin dari Peringkat Satu Dunia
 
 

Kemenangan pasangan ganda putra Arya Maulana/Edi Subaktiar dalam turnamen Malaysia International Youth 19th Badminton Championships 2012 telah mengantarkan mereka ke posisi puncak peringkat dunia yunior nomor ganda putra. Dalam rilis badan bulutangkis dunia atau BWF yang dirilis kemarin (20/09), Arya/Edi naik satu tingkat dari sebelumnya berada di peringkat kedua. Kedua-nya mencatat nilai sama sebesar 24300 poin.

Keberhasilan Arya dan Edi ini membuat rekannya Kevin Sanjaya harus turun ke peringkat tiga. Sebelumnya, Kevin Sanjaya menduduki peringkat satu dunia sejak 16 Agustus 2012 lalu. Di turnamen Malaysia International Youth 19th Badminton Championships 2012, Kevin yang berpasangan dengan Rafiddias Akhdan Nugroho terhenti di babak perempat final dari Arya/Edi. Sedangkan untuk Rafiddias sendiri, pencapaian di Malaysia ini justru menaikkan peringkatnya. Ia naik 30 tingkat dari peringkat 79 menjadi peringkat 49.  

Kenaikan peringkat yang cukup signifikan juga dirasakan oleh Hantoro dan Arsya Isnanu Ardi Putra. Keduanya, pekan lalu naik  dari peringkat 86 menjadi 24 atas keberhasilan mereka menjadi juara di India Junior International 2012. Pekan ini mereka kembali naik mejadi peringkat 16, meskipun mereka terhenti di perempat final Malaysia International Youth 19th Badminton Championships 2012. Pemain PB Djarum lainnya, Tedi Supriadi dan Yantoni Edi Saputra juga menapak naik dari posisi ke-42 menjadi ke-32.

Sementara itu di sektor ganda campuran terjadi sedikit penurunan peringkat yang di alami Edi Subaktiar dan Melati Daeva Oktavianti. Ini tidak terlepas dari tidak tampilnya mereka di ganda campuran Malaysia International Youth 19th Badminton Championships 2012. Edi dan Melati sebenarnya sudah sempat didaftarkan namun dibatalkan karena Melati harus memperkuat tim Jawa Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau. Edi yang sebelumnya di peringkat kedua, turun menjadi peringkat ketiga. Sedangkat Melati turun dari peringkat ketiga, menjadi peringkat keempat.

Posisi kedua yang ditinggal Edi, kini ditempati pemain putra Korea yang menjuarai ganda campuran Malaysia International Youth 19th Badminton Championships 2012, Choi Sul Kyu. Sementara pasangan Choi Sul Kyu sewaktu mejuarai turnamen di negeri jiran tersebut, Chae Yoo Jung tetap kokoh di peringkat wahid dunia. Pasangan Choi Sul Kyu/Chae Yoo Jung ini juga merupakan juara ganda campuran Asia Yunior tahun ini.

Di nomor ganda putri, dua pebulutangkis PB Djarum Melati Daeva Oktavianti dan Rosyita Eka Putri tidak mengalami perubahan peringkat. Melati tetap pada peringkat kedua, dibawah pemain Korea Shin Seung Chan. Sementara Rosyita masih berada di peringkat kelima. (HK)