Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rijal/Vita dan Vita/Shendy Peroleh Kenaikan Peringkat
22 Juli 2014
Rijal/Vita dan Vita/Shendy Peroleh Kenaikan Peringkat
 
 

Keberhasilan pasangan Muhammad Rijal/Vita Marissa menjadi juara US Open Grand Prix Gold 2014 dua pekan lalu, telah menaikkan peringkat pasangan PB Djarum ini. Usai menjadi juara ganda campuran pada kejuaraan US Open Grand Prix Gold 2014, peringkat pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Vita Marissa melesat naik. Sebanyak 12 peringkat berhasil di lewati Rijal/Vita.

Sebelum kejuaraan US Champion Grand Prix Gold 2014, peringkat pasangan yang pernah menjadi juara Japan Open Super Series 2008 ini masih bercokol di urutan 46 dunia. Kini sesuai dengan daftar peringkat terbaru yang dikeluarkan badan bulutangkis dunia, peringkatnya melesat menjadi 34 dunia, dan semakin mendekati peringkat Praveen Jordan/Debby Susanto yang berada pada urutan 30.

Di puncak peringkat dunia ganda campuran, tak ada perubahan apapun. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir masih berada di peringkat dua di bawah, Zhan Nan/Zhao Yunlei yang memuncaki peringkat ganda campuran. Xu Chen/Ma Jin masih tetap di peringkat ke-3 di atas pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen dan Chris Adcock/Gabrielle Adcock asal Inggris.

Kenaikan peringkat signifikan juga didapat pasangan ganda putri asal PB Djarum, Vita Marissa/Shendy Puspa Irawati. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 30 peringkat di dapat pasangan yang pekan lalu menjadi juara ganda putri US Champion Grand Prix Gold 2014. Atas kenaikan tersebut peringkat pasangan yang belum lama disandingkan ini melesat mendekati lima puluh besar dunia atau kini berada pada undakan ke-63.


Di lima besar ganda putri pun tak mengalami perubahan berarti. Tiga pasangan ganda China masih menguasai lima besar ganda putri dunia. Bao Yixin/Tang Jinhua masih bercokol di peringkat pertama disusul wakil Eropa, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen di peringkat dua. Di peringkat tiga ada ganda Jepang Ayaka Tahashi/Misaki Matsutomo. Dua ganda China berada sesudahnya. Pemegang medali emas Olimpiade London, Zhao Yunlei/Tian Qing berada di peringkat empat di atas mantan ganda putri nomor satu dunia, Wang Xiaoli/Yu Yang.

Di ganda Putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih kokoh di puncak peringkat ganda putra. Peringkat juara All England 2014 ini dalam keadaan terancam. Ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, semakin mendekati peringkat Ahsan/Hendra. Selisih point kedua pasangan ini pun kini tak terpaut jauh. Pergerakan terjadi pada peringkat tiga dunia. Mathias Boe/Carsten Mogensen naik satu peringkat ke peringkat ke-3 menggeser turun ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa ke peringkat empat.  Di posisi lima besar ditempati oleh ganda Korea Selatan lainnya, Kim Sa Rang/Kim Ki Jung.

Lima besar tunggal putra putri juga tak bergerak. Lee Chong Wei masih menjadi raja di tunggal putra. Disusul Chen Long di peringkat dua, Jan O Jorgensen di peringkat tiga serta wakil Jepang Kenichi Tago di urutan keempat. Pebulutangkis putra Indonesia, Tommy Sugiarto menutup lima besar dunia di urutan lima.

Tiga tunggal putri China masih belum tergoyahkan. Li Xuerui, Wang Yihan, Wang Shixian masih sulit untuk digoyang pebulutangkis putri manapun. Ketiganya menguasai peringkat putri dari urutan satu hingga tiga dunia. Ancaman serius datang dari Ratchanok Inthanon dan Sung Ji Hyun yang menempel ketat di urutan empat dan lima. (AR)