Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2013] Satu Ganda Putri Indonesia di Perempat Final
19 April 2013
[Badminton Asia Championships 2013] Satu Ganda Putri Indonesia di Perempat Final
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Sengit! Itulah kata yang tepat untuk dua game pertama yang dijalani oleh Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah melawan juara Malaysia Open Super Series 2013 Bao Yixing/Tian Qing di babak perdelapan final Badminton Asia Championships 2013. Dua game pertama yang dilakoni oleh Gebby/Tiara memang tak bisa lepas dari kata menegangkan, dua game ini pun diselesaikan dengan deuce. Pasangan Indonesia akhirnya memenangkan pertarungan dan melaju ke perempat final.

Kerap tertinggal diparuh awal game pertama, Gebby/Tiara perlahan berhasil mengejar ketertinggalan. Usai skor 9-11 di interval, mereka berhasil menyamakan kedudukan di angka 15. Dengan statistik unggul di depan net, mereka yang sempat tertinggal 17-20 sanggup memaksakan bermain deuce bahkan balik mempimpin 24-23 sebelum menutup game pertama dengan 26-24.

Game kedua tak kalah ketat. Gebby/Tiara kembali tertinggal cukup jauh di interval kali ini dengan 4-11. Mereka mampu menyamakan angka di angka 12. Gebby/Tiara berhasil membalik kedudukan di angka 17-15, bahkan memimpin 20-18. Sayang, apa yang terjadi di game pertama kembali terjadi. Game pertama sang lawan berhasil membuat tiga game point tapi gagal menuntaskan game pertama. Kali ini giliran Gebby/Tiara yang justru gagal menyelesaikan pertandingan, mereka balik menyerah 21-23.

"Di game pertama mereka yang terburu - buru banyak mati sendiri, di game kedua giliran kami yang berbuat hal yang sama," ujar Tiara.

Pertarungan ini pun diakui sebagai pertarungan adu gengsi, mengingat Tiara dan Bao sudah menjadi rival sejak mereka yunior. Dengan semangat ini, Gebby/Tiara yang sama sekali tidak diunggulkan di turnamen ini, berhasil mendominasi laju perolehan angka. Mereka mempimpin sejak awal game. Usai imbang di 4 angka pertama, Gebby/Tiara perlahan meninggalkan jauh ganda China itu. Mereka unggul 11-7 di interval sebelum akhirnya meraih tiket ke babak perempat final dengan 21-13.

"Kami (Tiara dan Bao - red) sudah sering bertemu sejak yunior. Rasanya saya tidak mau kalah jika bertemu dia, apalagi saya menyukai bola-bola Bao," pungkas Tiara.

Di babak perempat final mereka akan bertemu Poon Lok Yan/Tse Ying Suet. Pasangan asal Hong Kong tersebut mearih tiket ke babak delapan besar dengan menyingkirkan ganda India Pradnya Gadre/Ashwini Ponnappa dengan 21-15, 21-11.

Pertemuan Gebby/Tiara dengan pasangan Hong Kong ini akan menjadi laga kedua. Sebelumnya Oktober tahun lalu, pasangan nomor 24 dunia ini menyerah dua game langsung di tangan penghuni rangking 15 dunia dengan dua game langsung 12-21, 13-21. Sekaligus mengirim pulang Gebby/Tiara dari babak pertama Denmark Open 2012.

Sedangkan unggulan pertama Wang Xiaoli/Yu Yang ke perempat final usai mengalahkan Chau Hoi Wah/Shek Hiu Yiu dengan 21-14, 21-19. Unggulan empat Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna masih terlalu tangguh bagi Chen Hsiao Huan/Lai Chia Wen dari Taipei dengan 21-9, 21-18. Sedang wakil China lainnya Ma Jin/Tang Jinhua akan berhadapan dengan Amelia Alicia Anscelly/Fie Cho Song dari Malaysia di babak perempat final hari ini (19/4). Pasangan Malaysia itu mengubur asa Suci Rizky Andini/Della Destiara Harris dengan 21-19, 21-17. (IR)