Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2014] Tontowi/Debby Menangi Laga Kedua
21 November 2014
[Hong Kong Open Super Series 2014] Tontowi/Debby Menangi Laga Kedua
 
 

Pasangan hasil bongkar pasang pelatih ganda campuran, Tontowi Ahmad/Debby Susanto berhasil memenangi laga kedua di ajang Hong Kong Open Super Series 2014. Di laga yang berlangsung kemarin (20/11), Tontowi/Debby sukses menghentikan langkah ganda senior Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam yang diunggulkan ditempat kedelapan dalam dua game langsung 21-16 dan 21-14.

“Kami merasa hari ini bermain lebih in dari kemarin dan lebih nyambung sama pasangan. Kali ini kami bisa cepat beradaptasi dengan lapangan, permainan dan partner,” kata Debby usai pertandingan seperti dilansir badmintonindonesia.org.

Debby pun melanjutkan bahwa kemenangannya kemarin merupakan dari hasil permainan no lob yang mereka terapkan, dan tidak banyak mengangkat shuttlecock agar mempersempit peluang ganda Thailand itu untuk menyerang.

“Kalau dari segi teknis, kami banyak menerapkan permainan no lob. Owi (Tontowi) mengatakan kalau melawan Sudket/Saralee akan lebih enak kalau kami menurunkan bola, lebih enak untuk bermain menyerang, jadi inilah yang kami terapkan,” lanjutnya.

Pada laga babak kedua Hong Kong Open Super Series 2014, Tontowi/Debby memang tampil lepas saat menghadapi Sudket/Saralee. Keduanya juga mengaku dapat menjalankan strategi dengan pola permainan menyerang yang sudah dirancang sebelum pertandingan.

“Pasangan senior seperti Sudket/Saralee kadang penampilannya susah ditebak. Waktu bersama Liliyana, saya mainnya menggebu-gebu karena diunggulkan dan ingin menang. Sementara saat bersama Debby lebih tenang saat mengatur bola. Sebagai pasangan baru, kami tampil nothing to lose dan lebih menikmati permainan. Pola main saya dan Debby juga beda dengan waktu kami berpasangan dengan yang lain,” beber Tontowi.

“Menurut kami, hasil ke babak delapan besar dengan mengalahkan pasangan unggulan cukup baik, sebelumnya Debby yang berpasangan dengan (Muhammad) Rijal, dikalahkan oleh Sudket/Saralee. Begitu juga saya bersama Liliyana pernah kalah dari Sudket/Saralee, sekarang saya partneran dengan Debby bisa menang. Ini menjadi pelajaran buat kedepannya. Kalau Debby balik dengan Praveen (Jordan) nanti bisa menang lagi. Saya juga begitu, kalau partneran sama Liliyana bisa belajar lagi mengatasi ketenangan di lapangan,” tambah pemain klub Djarum ini.

Sementara itu, pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili juga memastikan tiket perempat final tanpa harus memeras keringat. Unggulan keempat asal Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, yang sedianya menjadi lawan Riky/Richi di babak kedua, mengundurkan diri karena Kim mengalami cedera. (IR)