Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Cambodia 2023] Hadapi Kamboja, Tim Beregu Putri: Persiapan Sudah Matang
08 Mei 2023
[SEA Games Cambodia 2023] Hadapi Kamboja, Tim Beregu Putri: Persiapan Sudah Matang
 
 

Beregu putri bulutangkis Indonesia akan memulai perjuangan di SEA Games Cambodia 2023 pada babak perempat final. Tim akan menghadapi tuan rumah Kamboja di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, pada Selasa (9/5), pukul 10.00 WIB.

Meski di atas kertas kekuatan Kamboja masih berada di bawah Indonesia, tapi tim putri tak mau lengah dan siap turun dengan kekuatan terbaik.

"Memang permainan Kamboja masih di bawah kita tapi besok kita tetap akan menurunkan tim terbaik. Kita perlu adaptasi permainan jadi supaya mereka bisa bermain enak dan merasakan dulu situasi lapangan pertandingan," kata Asep Suharno, pelatih tunggal putri PBSI.

"Tuan rumah pasti selalu memiliki keuntungan tersendiri, oleh sebabnya kita harus terus waspada dan bersabar. Jangan sampai terpengaruh dengan keadaan yang mungkin akan merugikan nantinya. Tetap ikuti peraturan dan regulasi turnamen dan tampil maksimal," lanjut Asep.

Di jajaran tunggal putri, empat pemain yang turun di ajang SEA Games kali ini merupakan pemain-pemain muda. Tiga di antaranya, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Mutiara Ayu Puspitasari, bahkan merupakan pemain debutan..

Hanya Stephanie Widjaja yang pernah mencicipi ajang SEA Games yaitu pada edisi sebelumnya di Vietnam. Oleh karenanya, Asep mendorong para atlet untuk mengeluarkan daya juang yang lebih tanpa harus memikirkan target.

"Kita tidak membebankan pada mereka, dalam artian target tetapi kita lebih ke daya juang. Jadi daya juangnya harus lebih, usahanya yang kita maksimalkan. Serta saya sampaikan ini bukan beban tapi tantangan. Semoga mereka bisa tampil lebih lepas dan lebih rileks," kata Asep.

"Kesiapan sudah matang, adaptasi udara yang panas anak-anak juga sudah mulai terbiasa. Hari ini latihan terakhir, semoga besok di hari pertandingan kita bisa 100 persen maksimal," lanjutnya.

Sementara ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mewaspadai penampilan lebih lepas para pemain Kamboja dengan dukungan suporter tuan rumah.

"Karena bermain di rumah sendiri pasti mereka lebih lepas mainnya. Pasti ada keinginan untuk tampil maksimal dari mereka. Itu yang harus diwaspadai dari lawan Kamboja," kata Tiwi, sapaan akrab Amalia.

"Bila besok diturunkan, kami sudah siap bertanding. Semua sudah dipersiapkan dengan baik, dari fisik, teknis, non teknisnya. Dan kami di beregu putri kekompakannya sudah semakin erat, sudah saling mengisi satu sama lain," ujar Febriana menambahkan. (NAF)