Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tontowi/Liliyana Maju ke Final
08 Mei 2011
Tontowi/Liliyana Maju ke Final
 
 

Pasangan ganda campuran kembali bisa menembus babak puncak. Kepastian ini didapat setelah pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses melaju ke partai final pada kejuaraan bulutangkis Yonex Sunrise Malaysia Open Grand Prix 2011. Pada babak semifinal yang dilangsungkan hari Sabtu (7/5), Pasangan Indonesia yang hanya di unggulkan pada posisi ke empat ini bisa menggulung pasangan asal Thailand yang diunggulkan pada posisi dua Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul.

Tontowi/Liliyana butuh waktu selama 41 menit dan perpanjangan game untuk bisa mengalahkan Thailand yang berpringkat 6 dunia itu. Pada game pertama pasangan Indonesia yang baru saja menjuarai Yonex Sunrise India Open Super Series 2011 ini tampil dominan. Sejak awal game pembuka sampai interval game pertama pasangan Indonesia tak pernah bisa terkejar oleh pasangan Thailand. Pasangan Thailand hanya bisa menipiskan perbedaan angka pada 7-6 dan 8-7. Interval game pertama di raih pasangan Indonesia dengan 11-8. Melewati Interval game pertama pasangan Indonesia melesat dan bisa menutup set pertama lebih dulu dengan 21-13.

Pada game kedua pasangan Thailand bangkit. Keadaan berbalik drastis. Sejak game kedua di mulai pasangan Thailand selalu bisa memimpin di depan. Sementara pasangan Indonesia seperti kehilangan konsentrasi. Dengan cepat pasangan Thailand mencuri game kedua dengan 21-14.

Pada game penentuan pasangan Indonesia kembali dengan bentuk permainannya sendiri. Pasangan Indonesia pada game ini mampu membongkar pertahanan pasangan Thailand dengan lontaran smes keras. Data satistik menunjukkan keunggulan pasangan Indonesia dari tembakan smes keras. Sembilan angka mampu di dapat pasangan Indonesia dari pukulan smes. Pasangan Thailand hanya bisa sekali menyamakan kedudukan pada angka 1-1 dan pada permainan selanjutnya tak lagi bisa menyamakan kedudukan. Sebelum perpindahan tempat pasangan Indonesia bisa memimpin dengan 11-5. Setelah perpindahan tempat pun pasangan Indonesia tak pernah sekalipun mengendurkan serangan. Setelah unggul jauh dengan 14-5, pasangan Indonesia memastikan satu tempat ke babak final dengan merebut game penentuan. Skor di tutup pasangan Indonesia dengan 21-12.

Sayangnya harapan untuk menciptakan terjadinya All Indonesian Final di ganda campuran sirna, setelah pasangan ganda campuran Indonesia lainnya yang berlaga pada babak semifinal Fran Kurniawan/Pia Zebadiah menyerah dari pasangan yang selalu dikalahkannya dalam 4 kali pertemuan sebelumnya. Fran/Pia tampil tak sebaik saat mereka bisa mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan/Liu Ying Goh pada semifinal Yonex Sunrise India Open Super Series 2011 lalu. Kali ini Fran/Pia menyerah dengan 14-21, 10-21. Dengan hasil ini head to head pertemuan mereka berubah menjadi 4-1 masih keungulan Fran/Pia.

Final ganda campuran akan yang dilangsungkan pada pukul 18.00 waktu setempat, mempertemukan antara pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan pasangan Malaysia Peng Soon Chan/Liu Ying Goh. Ini merupakan pertemuan kedua mereka setelah pada pertemuan pertama yang terjadi pada Yonex All England Open Badminton Championsip 2011 lalu dimana pasangan Indonesia menang rubber game. (AR)