Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games 2021] Putri Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Thailand
18 Mei 2022
[SEA Games 2021] Putri Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Thailand
 
 

Tunggal pertama, Putri Kusuma Wardani tak berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia di babak final beregu putri SEA Games Vietnam 2021, Rabu (18/5). Berhadapan dengan Pornpawee Chochuwong, Putri kalah dua game langsung dengan skor 16-21, 20-22.

Membuka game pertama, Putri berhasil terus memimpin perolehan angka, 5-1, 11-8 hingga 16-15. Namun di poin-poin akhir Putri seperti kehilangan fokus dan terkunci langkahnya hingga tujuh poin berturut-turut. Putri pun harus merelakan game pertamanya dengan poin 16-21.

Memasuki game kedua, Putri kembali membuka peluang dengan memimpin pertandingan sejak poin pertama hingga interval 11-7. Namun lagi-lagi di poin-poin akhir Putri tersalip dan tak bisa merebut kemenangan.

Kekalahan Putri di partai pertama membuat Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari Thailand.

“Sedih sih nggak bisa kasih poin untuk tim. Padahal saya sudah unggul terus dari game pertama dan kedua, tapi pas akhir-akhir mungkin saya ingin cepat-cepat menyelesaikan pertandingan. Sama saya juga kalah pengalaman dari lawan,” kata Putri usai bertanding.

Bermain di partai final, Putri mengaku sebelumnya tak menyangka akan diturunkan di partai pertama. Ia bahkan telah menyiapkan strategi untuk menghadapi tunggal kedua Thailand. Namun dengan alasan performa yang tidak optimal, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky dan pelatih Herli Djaenudin memutuskan menurunkan Putri dibanding Gregoria Mariska Tunjung.

“Awalnya nggak menyangka jadi tunggal pertama, saya mikirnya akan jadi tunggal kedua. Saya juga sudah menyiapkan pola untuk lawan tunggal kedua Thailand. Tapi nggak apa-apa juga, karena ini bisa jadi pembuktian saya. Karena kemarin pertandingan sebelumnya saya kalah dari dia. Terus tadi mencoba memperbaiki kesalahan sebelumnya, alhamdulillah bisa mengimbangi,” jelas Putri.

Selanjutnya di partai kedua, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan bertanding menghadapi pasangan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Berikut hasil sementara pertandingan Indonesia vs Thailand:

Tunggal putri 1: Putri Kusuma Wardani vs Pornpawee Chochuwong: 16-21, 20-22

Ganda putri 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai

Tunggal putri 2: Stephanie Widjaja vs Supanida Katethong

Ganda putri 2: Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard

Tunggal putri 3: Saifi Rizka Nurhidayah vs Pitchamon Opatniputh

(NAF)