Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games 2021] Tunggal Putra Tanpa Medali, Pelatih Minta Maaf
21 Mei 2022
[SEA Games 2021] Tunggal Putra Tanpa Medali, Pelatih Minta Maaf
 
 

Sektor tunggal putra Indonesia belum berhasil menyumbang medali peorangan di ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021. Dua pemain yang diturunkan, harus tersisih di babak-babak awal.

Christian Adinata terhenti di babak 16 besar dari pebulutangkis senior Vietnam, Nguyen Tien Minh dengan skor 12-21, 19-21. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo dihadang wakil Singapura, Jiang Heng Jason Teh di babak perempat final dua game langsung, 16-21, 16-21.

Atas hasil tersebut pelatih tunggal putra, Harry Hartono menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia. Sebab sektor ini sebelumnya diharapkan bisa mencapai final dan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia, karena tahun ini tim tunggal putra belum bisa menyumbang medali," kata Harry dikutip PBSI.

"Penampilan Chico dan Christian kurang maksimal, tentunya akan ada evaluasi dan catatan untuk diperbaiki dan ditingkatkan lagi," sambung Harry.

Harry mengatakan adanya beban yang cukup berat bagi kedua atlet tersebut, membuat Chico dan Christian tidak mampu tampil lepas. Alih-alih mencapai hasil maksimal, keduanya justru harus angkat koper lebih awal.

"Ada target yang menjadikan Chico dan Christian menjadi beban untuk tampil maksimal. Tetapi mereka memang harus belajar mengatasi supaya beban itu menjadi motivasi," ujar Harry.

"Mental dan cara berpikir mereka harus kuat jika ingin standar levelnya tinggi dan event SEA Games ini bagus untuk pengalaman mereka berdua. Saya berharap mereka bisa lebih matang setelah dari sini," tambah Harry.

Di luar sektor tunggal putra, Indonesia meloloskan tujuh wakil ke babak semifinal SEA Games Vietnam 2021. Mereka adalah Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Satu wakil ganda putri lain, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto kalah di babak perempat final dari pasangan Thailand, unggulan dua Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dua game langsung 17-21, 20-22. (NAF)