Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ganda Campuran Serbu Malaysia
10 Januari 2011
Ganda Campuran Serbu Malaysia
 
 

Lima pasang pemain ganda campuran Indonesia menyerbu Malaysia. Mereka mulai membidik gelar juara pada turnamen perdana dari rangkaian turnamen Super Series di tahun 2011. Turnamen Malaysia Open Super Series 2011 mulai menaikkan Prize money dari USD 250.000 menjadi USD 400.000 dan akan berlangsung dari tanggal 18 Januari 2011 sampai 23 Januari 2011.

Pasukan Indonesia di pimpin oleh unggulan delapan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berada pada grup atas. Namun Juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini harus menghadapi pasangan dari China Xu Chen/Yu Yang di babak awal. Kedua pasangan ini merupakan pasangan yang baru saja mengalami bongkar pasang dan baru kali ini saling bertemu. Liliyana Natsir baru saja di gabungkan dengan Tontowi Ahmad, sementara Yu Yang, tadinya biasa berpasangan dengan He Hanbin, kali ini digabungkan dengan Xu Chen. Bagi kedua pasangan ini, jika mampu melewati babak pertama, maka babak kedua akan lebih mudah bagi mereka. Pemenang antara kedua pasangan ini di babak kedua akan menghadapi pemenang antara Patipat Chalardchaleam/Savitree Amitaai dari Thailand dan pasangan yang lolos babak kualifikasi.

Fran/PiaFran Kurniawan/Pia Zebadiah kembali bertemu pasangan dari Malaysia Peng Soon Chan/Liu Yang Goh pada babak pertama. Pasangan Indonesia ini, mempunyai rekor baik jika bertemu dengan pasangan Malaysia ini. Dari dua kali pertemuan mereka yang terjadi di tahun 2010, Pasangan Indonesia memenangi semuanya. Jika mampu melewati hadangan pemain Malaysia, maka kemungkinan besar pasangan Indonesia ini akan menantang unggulan ke tujuh He Hanbin/Ma Jin asal China. Malaysia Open Super Series 2011 menjadi awal pertemuan kedua pasangan ini.

Muhammad Rijal yang bertandem dengan Muhammad Rijal/Debby Susanto, pada babak pertama masih harus menunggu pasangan yang lolos ke babak utama. Pada babak kualifikasi terdapat pasangan Indonesia Trikusuma Wardana/Nadya Melati. Seandainya Trikusuma Wardana/Nadya Melati menjadi pemenang dalam babak kualifikasi, bisa dipastikan akan menjadi lawan bagi Muhammad Rijal/Debby Susanto.

Pemain senior di ganda campuran Nova Widianto yang telah resmi mundur dari pelatnas dan menjadi pemain Profesional kembali bersanding dengan pasangan lamanya Vita Marissa. Malaysia Open Super Series 2011 menjadi turnamen yang menyatukan mereka kembali. Sayangnya pasangan yang pernah menjadi andalan Indonesia ini harus bertemu lawan tangguh di babak pertama, Tao Jiaming/Tian Qing asal China yang menempati unguulan kelima.

Di tengah persaingan bulutangkis dunia yang semakin ketat, nomor ganda campuran ini menjadi harapan penumbang gelar juara buat Indonesia. (AR)