Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [New Zealand Open Grand Prix 2013] Yeni Asmarani Unggulan Keempat
09 April 2013
[New Zealand Open Grand Prix 2013] Yeni Asmarani Unggulan Keempat
 
 

Seluruh pebulutangkis putri Indonesia masuk dalam daftar unggulan pada kejuaraan New Zaeland Open Grand Prix 2013. Pebulutangkis putri asal PB Djarum yang kini telah menjadi anggota Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas), Yeni Asmarani, menjadi pemain putri Indonesia yang menempati unggulan tertinggi. Yeni menduduki peringkat keempat dalam daftar unggulan tunggal putri. Yeni berada di bawah Hsiao Ma Pai asal China Taipei yang menjadi pemimpin unggulan tunggal putri, Kaori Imabeppu dari Jepang yang menempati unggulan kedua serta Deng Xuan asal China yang berada di posisi unggulan ketiga.

Selain Yeni, tiga pebulutangkis putri lainnya juga di hargai masuk dalam delapan besar unggulan. Maziyyah Nadir masuk dalam unggulan kelima di atas Renna Soewarno di posisi ke tujuh dan Milicent Wiranto di tempat ke delapan.

Keempat pemain putri Indonesia tersebar di dua papan undian. Yeni bersama dengan Renna Suwarno di paruh undian atas sementara Maziyyah Nadir dan Milicent Wiranto di bagan undian bawah.

Secara unggulan, Yeni di prediksi akan menembus babak semifinal. Lawan Yeni di babak pertama akan datang dari pemain tuan rumah Rowena Devathasan. Semestinya Yeni bisa mengatasi perlawanan pemain tuan rumah yang peringkat dunia-nya masih berada di luar 500 besar dunia. Yeni mesti mewaspadai pemain Jepang yang di prediksi akan lolos ke babak kedua dan akan menjadi lawannya. Akane Yamaguchi finalis kejuaraan dunia Yunior 2012 akan menjadi batu sandungan baginya. Keduanya memang belum pernah bertemu sebelumnya. Setidaknya, jika ingin maju ke babak perempat final, Yeni harus bisa mengatasi pemain Jepang yang kini berada di peringkat 238 dunia tersebut.

Renna Suwarno berada dekat dengan Yeni. Di prediksi akan menghadapi Ayumi Mine di babak kedua. Alice Wu yang menjadi lawan pertama, baik secara peringkat maupun prestasi masih berada di bawah Renna. Saatnya bagi Renna untuk membalas kekalahan dari pemain putri Jepang berperingkat 347 dunia. Rena kalah di pertemuan pertama pada kejuaraan Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012.

Meski memiliki emblem unggulan, Maziyah Nadir akan bertemu dengan pemain China Suo Di di babak pertama. Secara peringkat memang Maziyyah Nadir masih di atas pemain China. Namun jika tidak berhati-hati maka ia akan tergelincir di tangan pemain China yang menempati peringkat 322 dunia.

Milicent Wiranto juga mesti mewaspadai lawannya di babak pertama. Karyn Velez asal Amerika Serikat memiliki peringkat yang tidak terlalu jauh dengannya. Milicent saat ini ada di urutan 91 sementara lawan ada di peringkat 136 dunia. Jika mampu melewati hadangan pertama, babak kedua akan dilaluinya dengan mudah. Dua lawan yang akan di hadapinya secara peringkat masih berada jauh di bawahnya. Jika peringkat yang dijadikan acuan maka lawan di babak perempat final kemungkinan besar adalah unggulan kedua Kaori Imabeppu. (AR)