Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Ganda Campuran Tersebar
21 Desember 2011
Ganda Campuran Tersebar
 
 

Empat ganda campuran Indonesia yang mengikuti kejuaraan bulutangkis Yonex Sunrise India Open Grand Prix Gold 2011 tersebar dalam dua pool undian. Dua pasang ada di undian atas, sementara dua pasang ganda campuran lainnya ada di undian bawah. Turnamen ini tidak diikuti pasangan ganda campuran China atau pun Korea Selatan.

Rijal/DebbyDi grup bawah Muhammad Rijal/Debby Susanto bersama Riky Widianto/Richi Dili Puspita akan berjuang untuk memberikan yang terbaik. Keduanya bisa saja bertemu di babak perempat final, asalkan saja mereka mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak awal. Muhammad Rijal/Debby Susanto akan memulai pertandingan dengan menghadapi pasangan dari Rusia Vitalij Durkin/Nina Vislova. Pasangan Rusia berperingkat empat puluh satu ini patut diwaspadai. Mereka pernah mengalahkan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah. Di tahun ini, mereka pernah merebut gelar juara ganda campuran pada kejuaraan Swiss International 2011. Mereka pun pernah menduduki peringkat enam belas dunia.

Seandainya Rijal/Debby mampu melalui pasangan dari Rusia ini, mereka akan bertemu unggulan kedua Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul asal Thailand. Muhammad Rijal/Debby Susanto mempunyai catatan kemenangan yang baik jika menghadapi pasangan Thailand ini. Dari dua kali pertemuan sebelumnya, pasangan Indonesia selalu bisa mengungguli pasangan Thailand yang kini ada di urutan tujuh dunia. Harapan untuk bertemu dengan Finalis India Open International Challenge 2011, Riky Widianto/Richi Dili Puspita di babak perempat final sekaligus menempatkan satu ganda campuran di babak semifinal masih terbuka, meski di grup Riky/Richi terdapat pasangan Thailand Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai yang ada di peringkat dua puluh empat dunia .

Lawan Riky Widianto/Richi Dili Puspita di babak pertama , Harinder Malik/Swati Joon dari India merupakan pasangan baru. Belum terlihat catatan prestasi untuk pasangan ini di badan bulutangkis dunia. Untuk menembus babak perempat final, maka pasangan duo “R” harus mampu mengalahkan pasangan dari Thailand tersebut.

Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati yang baru saja menjuarai India Open International Challenge 2011 berada pada grup keras. Terdapat dua pasangan dari Malaysia yang akan mengancam sepak terjang mereka di kejuaraan berhadiah total USD 120.000,-. Tetapi sebelumnya kedua pasangan dari Malaysia akan saling berhadapan satu sama lain di babak kedua. Pemenang diantara keduanya, diperkirakan akan menjadi lawan Fran/Shendy di babak perempat final.

Pasangan muda Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni berada dekat dengan pucuk pimpinan tertinggi unggulan ganda campuran Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dari Thailand. Sebelum menantang sang unggulan utama, mereka akan mencoba pasangan ganda campuran baru asal tuan rumah Hemanagendra Babu T/Jyotshna P.

Ganda campuran pada kejuaraan yang dilaksanakan di Lucknow, India langsung memainkan babak utama tanpa harus melewati babak kualifikasi. Empat pasang ganda campuran yang menempati unggulan teratas langsung melenggang ke babak kedua karena mendapat bye di babak pertama. (AR)