Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Enam Ganda Putra Serbu Vietnam
21 Agustus 2012
Enam Ganda Putra Serbu Vietnam
 
 

Sumber foto: pb-pbsi.org

Sebanyak enam ganda putra Indonesia akan mengikuti Vietnam Open Grand Prix 2012. Tiga diantaranya berbalut unggulan, sementara tiga lainnya tanpa berlabel unggulan. Empat ganda putra berada pada jalan undian yang sama sementara dua lainnya terpisah. Pada kejuaraan berhadiah US$ 50.000,- terdapat pasangan baru tapi wajah lama asal Indonesia. Markis Kido yang biasa berpasangan dengan Hendra Setiawan kini berpasangan dengan Alvent Yulianto yang biasa bertandem dengan Hendra Aprida Gunawan.

Afiat Yuris Wirawan yang merayakan lebaran di Vietnam kembali akan berpasangan dengan Yohanes Rendy Sugiarto. Lawan sepadan akan di temuinya di babak pertama. Liang Jui Wei/Liao Kuan Hao asal China Taipei mempunyai perbedaan peringkat yang tidak terlalu jauh dengan Afiat/Rendy. Selisih sekitar dua puluh satu peringkat membuat ganda Indonesia lebih diunggulkan di banding ganda China Taipei. Ganda Indonesia saat ini sudah masuk dalam peringkat 50 besar dunia. Sementara ganda China Taipei masih berada di peringkat 71 dunia. Hanya saja ganda Indonesia harus mewaspadai ganda China Taipei ini. Tercatat ganda China Taipei ini pernah menjadi juara pada kejuaraan Bulgarian International 2011. Jika bisa menghentikan ganda China Taipei ini, maka lawan berikutnya antara ganda Indonesia Andrei Adistia/Christopher Rusdianto atau Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzuzuan Mohd Tazari dari Malaysia.

Pertemuan Andrei Adistia/Christoper Rusdianto dengan Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzuzuan Mohd Tazari merupakan pertemuan perdana antara ganda Indonesia berperingkat 40 dunia dengan ganda Malaysia yang menempati peringkat 28 dunia. Ganda Malaysia ini pernah menjadi andalan negeri Jiran di berbagai turnamen internasional. Pada kejuaraan Djarum Indonesia Open, ganda Malaysia ini pernah mencicipi sebagai juara. Pertandingan kedua ganda serumpun ini di prediksi akan menjadi tontonan yang menarik pada kejuaraan yang di laksanakan di kota Ho Chi Minh City.

Pasangan baru Markis Kido Hendra Setiawan/Alvent Yulianto masih menunggu pemain yang lolos babak kualifikasi. Seandainya mampu mengatasi lawan pertama, selanjutnya di babak kedua akan bertemu dengan pemenang antara Patipat Chalardchaleam/Nitiphon Puangpuapech dari Thailand atau Chen Chung Jen/Lu Chia Nin dari China Tapei. Ganda baru asal Indonesia ini berada satu jalur dengan Afiat Yuris Wirawan/ Yohanes Rendy Sugiarto dan Andrei Adistia/Christoper Rusdianto. Kemungkinan pertemuan  diantara mereka akan terjadi di babak perempat final.  Hafiz Faisal/Eka Putra Rhoma menjadi  pasangan lainnya yang masih berada di paruh undian atas.



Dua ganda muda Indonesia berada di undian bawah. Kedua ganda masa depan Indonesia ini masuk dalam daftar unggulan  Ricky Karanda/Muhammad Ulinnuha berada di peringkat empat daftar unggulan sementara Gideon Markus Fernaldi/Agripinna Prima menempati unggulan ketujuh. Saingan terberat di paruh undian bawah ada pada ganda Thailand yang di Olimpiade London kemarin bermain cemerlang Maneepong Jongjit/Bodin Issara. (AR)