Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Yeni Asmarani Naik 50 Peringkat
07 Oktober 2012
Yeni Asmarani Naik 50 Peringkat
 
 

Usai menjadi finalis pada kejuaraan Indonesia Open Grand Prix Gold 2012, pemain tunggal putri Indonesia yang berasal dari PB Djarum Yeni Asmarani mengalami lonjakan peringkat yang signifikan. Ia yang datang pada kejuaraan berhadiah US$ 120.000,- hanya berperingkat 177 dunia mampu membuat kejutan demi kejutan dan memantapkan posisi nya di partai puncak. Atas prestasi yang ditorehkannya, kini ia berada pada peringkat 127 dunia atau naik sebanyak 50 peringkat.

Hasil ini sesuai dengan daftar peringkat yang telah di keluarkan oleh badan bulutangkis terbaru yang di rilis pada Kamis (2/10). Adriyanti Firdasari, pemain tunggal putri Indonesia yang dikalahkannya pada kejuaraan tersebut juga berhasil naik 7 peringkat, dan kini menempati peringkat 38. Hal yang sama juga di alami oleh Aprillia Yuswandari yang naik delapan tingkat dan kini ada di urutan 40 dunia. Maria Febe Kusumastuti harus rela turun satu peringkat menjadi 51 dunia.


Finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 lainnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto kini semakin dekat masuk dalam jajaran top 10 dunia. Setelah hanya menempati peringkat 19 dunia pada pekan sebelumnya, Rijal/Debby tinggal tiga langkah lagi masuk dalam sepuluh pemain terbaik dunia. Sesuai dengan daftar peringkat BWF, mereka ada di urutan 13 dunia. Usaha untuk menembus 10 besar dunia kini sepertinya tinggal menunggu waktu. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sukses memetik gelar juara ganda campuran Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 tak bergeser sedikitpun. Mereka tetap tak bergerak pada urutan empat dunia.

Di ganda putra, Rahmat Adianto/Berry Angriawan naik enam peringkat dan kini hampir menembus daftar lima puluh besar dunia. Dari peringkat 63 pekan lalu, kini mereka berada pada daftar urutan 57 dunia. Sayangnya Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda tak bergerak naik dan tetap pada urutan 30 dunia. Peringkat mereka kini tengah di buru oleh pasangan Andrei Adistia/Christopher Rusdianto yang berada pada peringkat 33 atau naik 5 peringkat dari sebelumnya. Dibawahnya bertengger Gideon Markus Fernaldi/Agripinna Prima yang ada di urutan 34 dunia.

Ryan Agung Saputra/Angga Pratama sudah berhasil menembus dua puluh besar dunia. Kenaikan tiga peringkat atas usahanya menjadi finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 lalu membuat naiknya peringkat dan kini tepat berada pada pringkat 20 dunia.


Gagal mempertahankan gelar juara, membuat peringkat Dionysius Hayom Rumbaka turun. Ia kini hanya menempati urutan 21 besar dunia dari sebelumnya ada di peringkat 19 dunia. Posisinya kini terancam dilewati oleh Sony Dwi Kuncoro yang melesat sembilan peringkat dan kini ada di urutan 23 dunia. Sony melonjak naik atas prestasinya menjadi juara tunggal putra Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 lalu. Tommy Sugiarto harus puas tergeser oleh Sony. Peringkat yang dimiliki Tommy turun menjadi peringkat 24 dunia. Dua pemain senior tunggal putra Indonesia tetap tak bergerak pada tempatnya masing-masing. Simon Santoso masih pada peringkat  5 dunia dan Taufik Hidayat masih menempel pada peringkat 11 dunia.

Meiliana Jauhari/Greysia Polii masih belum beranjak pada peringkat 17 dunia. Di bawahnya masih ada Nitya Krishinda Maheswari/Anneke Feinya Agustin yang turun satu peringkat menjadi 21 dunia. Pada urutan 25-50 besar dunia beberapa pasang ganda putri Indonesia mengalami perubahan peringkat. Lonjakan peringkat tertinggi di alami oleh pasangan Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta yang sukses naik enam peringkat menjadi 39 dunia. Della Destiara Haris/Suci Rizky Andini naik dua peringkat menjadi 37 dunia. Jenna Gozali/Komala Dewi  belum berhasil naik dan malah peringkat mereka turun satu tangga menjadi 42 dunia. Tak jauh dibawahnya pasangan Gebby Ristiyani/Tiara Rosalia Nuraidah yang naik satu peringkat menjadi 48 dunia. (AR)