Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Rijal/Debby Tembus 10 Besar Dunia
29 Oktober 2012
Rijal/Debby Tembus 10 Besar Dunia
 
 

Sumber foto : pb-pbsi.org

Pasangan ganda campuran Indonesia Muhammad Rijal/Debby Susanto, akhirnya mampu menembus  peringkat 10 besar dunia. Berdasarkan daftar peringkat yang di keluarkan oleh badan bulutangkis dunia, per 25 Oktober 2012, pasangan ganda campuran Indonesia ini kini telah menjadi pasangan ganda campuran papan atas dunia. Mereka menjadi pasangan kedua Indonesia yang masuk dalam jajaran Top Ten setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Jika di cermati, Rijal/Debby naik satu peringkat dari peringkat 11 menjadi peringkat 10 dari minggu sebelumya. Kiprah ganda campuran Indonesia ini untuk berada di jajaran pemain elit dunia memang butuh perjuangan. Kenaikan peringkat mereka di topang dari prestasi mereka yang cenderung stabil belakangan ini. Kebangkitan mereka di mulai pada saat kejuaraan Indonesia Open Grand Prix 2012 lalu. Posisi runner up berhasil  mereka genggam.

Kesuksesan mereka pun berlanjut pada kejuaraan Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2012. Gelar juara berhasil mereka rebut. Pada kejuaraan bertajuk Super Series Premier di Denmark, ganda campuran Indonesia ini juga menorehkan prestasi yang baik. Salah satunya ketika mereka menaklukkan ganda campuran Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen.


Indonesia pun berharap mampu menempatkan satu pasang ganda campuran lainnya menuju sepuluh besar dunia. Harapan itu pantas di bebankan di pundak Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati. Jika di bandingkan peringkatnya pada minggu sebelumnya, juara Tata Open India International Challenge 2011 ini melesat enam peringkat, dan kini bertengger pada urutan 16 dunia. Mereka pun kini menjadi pasangan terbaik ketiga yang dimiliki Indonesia di ganda campuran.


Kabar menggembirakan lainya masih diberikan dari nomor ganda campuran. Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga bisa memperbaiki peringkatnya. Usai menjadi finalis Denmark Open Super Series Premier 2012 lalu, peringkat mereka terdongkrak naik satu peringkat. Jika minggu lalu mereka masih menempati peringkat 4 dunia, kini juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 ini menempati peringkat 3 dunia menggeser pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang turun ke peringkat ke-4.

Indonesia masih mempunyai tiga pasang ganda campuran lainnya yang peringkatnya berada di tiga puluh besar dunia, dan semuanya juga bisa memperbaiki posisinya masing-masing. Riky Widianto/Richi Dili Puspita naik satu peringkat menjadi peringkat 27 dunia. Kenaikan satu peringkat juga di alami Irfan Fadhilah/Weni Anggraini yang kini ada di peringkat 29 dunia. Lonjakan peringkat yang signifikan di dapat pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet. Delapan tangga berhasil mereka lewati dan membuat pasangan ini bertengger di peringkat 30 dunia. (AR)