Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [China Open Super Series Premier 2012] Tontowi/Liliyana Tampil Sebagai Semifinalis
18 November 2012
[China Open Super Series Premier 2012] Tontowi/Liliyana Tampil Sebagai Semifinalis
 
 

Wakil merah putih yang tersisa di ajang China Open Super Series Premier 2012, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya harus puas sebagai semifinalis. Untuk pertama kalinya mereka gagal mengatasi ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon /Goh Liu Ying.

Dipertemuan kelima antara kedua pasangan kemarin (17/11), akhirnya Tontowi/Liliyana harus mengakui keunggulan ganda yang kini menghuni rangking empat dunia itu. Mereka pun harus tumbang hanya dalam pertarungan dua game saja.

Semifinalis Olimpiade 2012 ini terlihat tidak mampu mengembangkan permainan. Mereka kerap tertekan dan justru  mengikuti irama permainan lawan. Tertinggal 6-11 di interval pertama, Tontowi/Liliyana sempat berhasil mengejar ketertinggalan dan mampu menyamakan angka di kedudukan 19 sama. Sayang, mereka kehilangan dua angka berikutnya dan menyerah 19-21.

Di game kedua, Tontowi/Liliyana makin tertekan. Mereka hanya mampu menyamakan angka diawal pertandingan, yakni diangka 3 dan 4, setelah itu mereka terus tertinggal, dan akhirnya menyerah 14-21. Dengan kekalahan ini maka Indonesia tanpa wakil di final.

Di final, Chan/Goh akan berhadapan dengan Xu Chen/Ma Jin yang menang vdari Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na dengan 21-19 dan 21-13. Sementara itu, Juliane Schenk yang di babak perempat final mengalahkan Wang Yihan, gagal melaju ke final setelah kandas di tangan tunggal muda Thailand, Ratchanok Inthanon. Ia menyerah 21-18, 10-21 dan 14-21. Ratchanok akan berhadapan dengan Li Xuerui di partai puncak.

Sementara di sektor ganda putri, dominasi Wang Xiaoli/Yu Yang masih sulit dibendung lawan-lawannya. Mereka berhasil menang telak dari Lam Narissapat/Saralee Thoungthongkam dengan 21-9 dan 21-4. Mereka akan berhadapan dengan Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna yang susah payah mengalahkan Eom Hye Won/Jang Ye Na 21-17, 19-21 dan 21-13. Tunggal putra akan mempertemukan Wang Zhengming yang menang tanpa bertanding setelah Chen Jin mundur, dan akan menantang Chen Long yang menang telak dari Chong Wei Feng 21-6 dan 21-7.

Sedangkan ganda putra akan mempertemukan unggulan pertama asal Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen yang menang 21-16 dikedua game atas Koo Kean Keat/Tan Boon Heong, melawan Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Pasangan Korea ini ke final setelah menang 21-16 dan 21-15 dari unggulan empat Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. (IR)