Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Asian Youth Games 2013] Bayu Wakili Indonesia
16 Agustus 2013
[Asian Youth Games 2013] Bayu Wakili Indonesia
 
 

Kontingen Indonesia akan berlaga di ajang Asian Youth Games (AYG) II tahun 2013 di Nanjing, China, 16-24 Agustus. Sebanyak empat atlet bulutangkis bergabung dalam kontingen Indonesia yang beranggotakan 104 atlet dari 14 cabang olahraga. Cabang bulutangkis sendiri untuk pertama kalinya menjadi bagian yang dipertandingan di arena AYG ini.

Empat atlet bulutangkis Indonesia terdiri dari Fitriani, Ruseli Hartawan, Jonatan Christie dan pemain didikan PB Djarum yang sekarang bergabung di Pelatnas, Muhammad Bayu Pangisthu. Bayu dan Jonatan akan tampil di tunggal putra sedangkan Fitriani dan Ruseli di tunggal putri. Kemudian Bayu akan berpasangan dengan Fitriani dan Jonatan berduet dengan Ruseli di nomor ganda campuran. Hanya tiga nomor yang dipertandingkan untuk cabang bulutangkis yakni tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran. Tiga dari empat pemain ini sebelumnya juga mewakili Indonesia di Asian Junior Championships 2013 yang berlangsung di Sabah, Malaysia bulan Juli lalu yakni Bayu, Fitriani dan Ruseli. Sedangkan Jonatan mengikuti turnamen Indonesia Challenge di Surabaya yang menghantarkannya sebagai juara.

Tantangan berat akan menanti Bayu dan rekan-rekannya karena negara lain juga menurunkan yunior terbaiknya yang sebelumnya juga berlaga di Asian Junior Championships 2013. Tuan rumah China, akan menurunkan Lin Guifu, Shi Yuqi, Qin Jingjing dan Chen Yufei. Shi Yuqi mencatat prestasi yang lebih baik dari Bayu saat Asian Junior Championships 2013. Kalau Bayu terhenti di pertandingan babak kedua, Shi Yuqi mampu menembus perempat final. Sedangkan rekannya Lin Guifu melangkah hingga babak ketiga Asian Junior Championships 2013.

Selain Indonesia dan China, negara kuat bulutangkis lainnya Korea juga menurunkan pemainnya. Namun Korea hanya dipertkuat dua atlet, Seo Seungjae di bagian putra dan Ki Bohyun di sektor putri. Negeri jiran Malaysia tampi dengan pemainnya Cheam Jun Wei, Ramachandran Satheishtharan (putra), Ho Yen Mei dan Selvaduray Kisona (putri). Empat negara kuat bulutangkis Asia inilah yang diperkirakan bertarung ketat untuk meraup medali cabang bulutangkis. (HK)