Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Super Series 2014] Dua Ganda Campuran ke Perempat Final
04 April 2014
[India Super Series 2014] Dua Ganda Campuran ke Perempat Final
 
 

Dua ganda campuran Indonesia berhasil menerobos babak delapan besar pada kejuaraan bulutangkis India Open Super Series 2014. Indonesia di wakili oleh juara All England Super Series 2014 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan pasangan baru Praveen Jordan/Debby Susanto di babak perempat final.

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir semakin mendekatkan diri untuk bisa merebut gelar juara untuk keempat kalinya. Sesuai skenario, unggulan ke-2 ini bertemu dengan pasangan China, Lu Kai/Huang Yaqiong di babak kedua. Pertandingan kedua pasangan yang baru pertama kali bertemu ini berlangsung alot. Butuh tiga game bagi pasangan Indonesia yang biasa di sapa dengan sebutan Owi/Butet untuk bisa menaklukkan juara Malaysia Open Gran Prix Gold 2014 asal China.

Angka ketat di mulai sejak bola pertama kali bergulir. Kedua pasangan bergantian saling memimpin dalam perolehan angka. Setelah angka sama terakhir pada posisi 17-17, pasangan Indonesia mampu bermain tenang dan menang dengan 21-18. Di game kedua pasangan Indonesia seperti kehilangan konsentrasi. Dengan cepat, pasangan China menutup game kedua dengan kemenangan saat scoring board menunjukkan angka 21-11. Di game penentuan Owi/Butet kembali bangkit dan tidak membiarkan pasangan China bisa untuk menyerang.Hasilnya pun pasangan Indonesia menang jauh dengan 21-13.

Perang saudara antara pasangan baru Praveen Jordan/Debby susanto dengan pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet akhirnya dimenangkan oleh Praveen/Debby. Finalis Malaysia Open Grand Prix God 2014 ini menang dua game atas unggulan ke-6 dengan 21-19, 21-14.

"Dari awal kami sudah berpikir tidak boleh kendor, karena lawan kami merupakan pemain kelas atas. Jadi tidak boleh sembarangan," ujar Debby seperti yang diutarakan pada website resmi PBSI.

"Sebelum bertanding, kami sudah berdiskusi tentang pola main yang akan kami terapkan. Dari awal sih kami yakin, yang penting kami bisa bermain tenang dan bisa menjalankan strategi yang sudah direncanakan," tambahnya.

Di babak perempat final yang akan dimainkan hari ini, Owi/Butet akan bertemu pasangan dari Denmark Mads Pieler Kolding/Kamila Rytter Juhl yang di babak kedua mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Riky Widianto/Richi Puspita Dili dengan 21-16, 21-12.

Sementara itu Praveen/Debby akan berjumpa dengan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei untuk mendapatkan tiket babak empat besar.

"Kalau bicara soal peluang, tentunya peluang pasti ada. Yang paling penting kami bisa bermain maksimal saja," tutur Debby.

Dinomor tunggal,wakil Indonesia kini bertumpu pada Aprilia Yuswandari yang di babak perempat final kembali menang atas pemain India Trupti Mugunde dengan 21-13, 21-12. Selanjutnya di babak perempat final Aprilia akan menghadapi wakil China Liu Xin.

Satu-satunya tunggal putra yang tersisa, Dionysius Hayom Rumbaka gagal membalas kekalahan dari pemain Denmark Hans Kristian Vittinghus. Untuk ketiga kalinya Hayom kalah, dan kali ini dengan kedudukan akhir 21-18, 21-23, 13-21. (AR)