Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [India Open Super Series 2014] Owi/Butet Tembus Babak Semifinal
05 April 2014
[India Open Super Series 2014] Owi/Butet Tembus Babak Semifinal
 
 

Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir semakin mendekati pencapaian gelar untuk keempat kalinya. Pasangan yang biasa disapa dengan sebutan Owi/Butet kemarin (4/4) memenangi laga perempat final pada kejuaraan India Open Super Series 2014.

Menghadapi pasangan Denmark, Mad Pieler Kolding/Kamila Rytter Juhl, unggulan ke-2 ini telihat lebih siap di bandingkan pertemuan terakhir yang di gelar pada kejuaraan Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013 lalu. Kala itu pasangan Indonesia harus berjuang selama tiga game untuk memenangi pertandingan. Pada kali ini di turnamen berhadiah total US$ 250.000,-, cukup dalam dua game, Owi/Butet bisa menang.

Sampai pertengahan game pertama, ganda Denmark berperingkat 43 dunia ini mampu memberikan perlawanan. Jeda game pertama, pasangan Indonesia unggul tipis dengan 11-10. Tak mau berlama-lama, pasangan Indonesia langsung meninggalkan lawan dan menang dengan 21-15.

Di game kedua, Owi/Butet memanfaatkan posisi lawan yang sudah dalam keadaan tertekan. Sejak bola bergulir, juara All England Super Series Premier 2014 ini terus menekan lawan. Hasilnya pun, pasangan Indonesia unggul jauh 21-9. Dengan kemenangan ini, maka Owi/Butet semakin meninggalkan rekor pertemuan dengan pasangan Denmark ini dengan kedudukan 3-0.

Penampilan cemerlang pasangan baru, Praveen Jordan/Debby Susanto rupanya belum cukup untuk bisa mengalahkan peraih medali emas Oimpiade London, Zhang Nan/Zhao Yunlei asal China. Sempat terseok-seok di game pertama dan tertinggal jauh dengan 10-18, finalis Malaysia Open Grand Prix Gold 2014 ini bangkit dan mampu membalikkan keadaan dan bahkan memenangi game pertama dengan 21-19. Unggul pengalaman bertanding dan seolah tak mau malu di pecundangi pasangan baru, pasangan China menggebrak di dua game tersisa dan ahirnya menang dengan 21-10, 21-13.

Babak semifinal nomor ganda campuran akhirnya menampikan partai real semifinal. Empat pasang unggulan teratas ganda campuran akan saling berhadapan di babak semifinal. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir  yang menjadi unggulan ke-2, akan menghadapi pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na yang menempati unggulan ke-4. Ini merupakan pertemuan ketiga bagi Owi/Butet dengan pasangan Korea ini dan pasangan Indonesia masih menang dalam head to head dengan 2-0.

Di paruh undian atas akan mempertemukan unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan unggulan ke-3 Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen asal Denmark.

Di tunggal putri, Aprillia Yuswandari  yang menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tersisa, akhirnya terhenti di babak perempat final di tangan Liu Xin asal China dengan 15-21, 8-21. (AR)