Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2016] Indonesia Juara Grup
04 November 2016
[World Junior Championships 2016] Indonesia Juara Grup
 
 

Tim junior Indonesia akhirnya berhasil menjadi juara grup F1 pada kejuaraan World Junior Championships 2016 yang berlangsung di Bilbao, Spanyol. Pada pertandingan kedua kemarin, tim junior Indonesia menaklukkan tim tuan rumah Spanyol. Hanya saja kemenangan kali ini tidak sesempurna kemarin saat menggunduli Norwegia. Indonesia menang dengan kedudukan akhir 4-1. Satu-satunya kekalahan dialami oleh pemain tunggal putri Gregoria Mariska.

Ganda putra kembali menjadi motor pedobrak kemenangan Indonesia. Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Fachrikar mengawali kemenangan Indonesia atas tim matador. Kemenangan 21-9, 21-10 atas Marc Cardona/Miguel Sam Luis membuat Indonesia unggul 1-0.

Spanyol bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui pemain putri Clara Azurmendi yang menaklukan pebulutangkis putri Indonesia Gregoria Mariska dengan, 21-12, 18-21, 21-18.

Gregoria kalah dari segi keberanian. Keberanian untuk mengadu kemampuan di lapangan. Apalagi di game pertama kelihatan dia tidak bisa mengeluarkan kemampuan secara  maksimal. Semangatnya belum keluar, masih ada sesuatu yang terpendam,” ujar Fung Permadi seperti yang di sampaikan ke badmintonindonesia.org.

Indonesia kembali unggul 2-1. Adalah Chico Aura Dwi Cahyono yang membawa tim junior Indonesia menang dengan 2-1. Tunggal putra Indonesia ini masih terlihat lebih baik dibandingkan wakil Spanyol Barbado Miguel. Dalam waktu dua puluh tiga menit, Chico menang dengan 21-10, 21-6.

Kemenangan Indonesia di tentukan oleh pasangan ganda putri Tania Oktaviani Kusumah/Apriani Rahayu. Berbekal kemenangan 21-3, 21-11 atas Nerea Diaz/Claudia Leal, Indonesia akhirnya menang dengan secara tim dengan posisi 3-1.

Meski sudah memastikan memenangi pertandingan, pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Yulfira Barkah tetap tampil all out. Di game pertama, andalan Indonesia ini sempat dipaksa bermain hingga melewati deuce oleh Alex Alcala Dominguez/Cristina Poy Granados sebelum akhirnya menang dengan 23-21. Di game kedua Indonesia relatif menang lebih mudah dengan 21-10. Kemenangan Rinov/Yulfira membawa Indonesia unggul telak 4-1 Atas tim Spanyol.

Hasil pertandingan sudah sesuai perkiraan. Tadinya kami berharap Gregoria bisa mengambil poin, tetapi untuk yang lain penampilan sudah lebih baik dari kemarin. Mudah-mudahan besok semua atlet yang akan kita turunkan bisa belajar dari apa yang sudah mereka alami hari ini,” sambung Fung Permadi. (AR)