Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [All England Superseries Premier 2017] Kevin/Marcus Tembus Babak Final
12 Maret 2017
[All England Superseries Premier 2017] Kevin/Marcus Tembus Babak Final
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akhirnya berhasil menembus babak final pada kejuaraan bergengsi All England Superseries Premier 2017. Kevin/Marcus menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk bisa membawa pulang gelar juara dari kejuaraan bulutangkis tertua itu. Pada babak semifinal yang dimainkan kemarin (11/3), Kevin/Gideon sukses membukukan kemenangan dari ganda Denmark, Mads Conrad Petersen/MadsPieler Kolding melalui pertandingan rubber game 19-21, 21-13, 21-17.

Kedua pasangan menampilkan permainan kelas dunia. Baik ganda Indonesia maupun ganda Denmark sama-sama memperlihatkan kemampuan terbaiknya. Bahkan Kevin berulang kali mempertontonkan pukulan-pukulan ajaib yang menjadi ciri khasnya. Hanya saja mendekati akhir game pertama, ganda Indonesia membuat kesalahan beruntun yang menguntungkan lawan. Termasuk pukulan terakhir yang tidak dapat diantisipasi oleh ganda Indonesia dan membuat lawan menang 21-19.

Kesalahan beruntun yang dibuat ganda Indonesia di awal game pertama membuat lawan sempat memimpin 4-0. Satu persatu ganda Indonesia bisa menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Setelah angka sama 12-12, ganda Indonesia semakin agresif menekan lawan. Tekanan yang dibuat pasangan Indonesia rupanya banyak memperoleh tambahan angka. Ganda Indonesia pun melesat menang dengan 21-13.

Ganda Denmark yang di babak kedua sudah tertekan rupanya bisa bangkit dan membuat pertandingan pada game ketiga kembali berjalan seimbang. Sampai jeda game penutup, perolehan angka tipis 11-10 untuk ganda Denmark. Perolehan angka terus berdampingan sampai mendekati penghujung game ketiga.  Perlawanan ganda Denmark hanya bisa sampai diangka 17-17. Pada angka kritis, ganda Indonesia bermain lebih sabar dan justru bisa mengendalikan permainan. Sebuah pukulan dopshoot  manis yang dilepaskan Marcus tidak bisa dikembalikan pemain Denmark saat angka 20-17, membuat ganda Indonesia menang 21-17.

Keberhasilan Kevin/Marcus mengalahkan ganda Denmark, selain membawa ganda Indonesia ke babak final juga membuat kedudukan head to head antara kedua pasangan ini berubah menjadi 1-2 masih untuk keunggulan ganda Denmark.

Di babak final, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan ganda asal China Li Junhui/Liu Yuchen. Kevin/Marcus sempat kalah pada pertemuan pertama di kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2015 lalu. (AR)