Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2020] Anthony Ginting Rebut Poin Pertama untuk Indonesia
17 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2020] Anthony Ginting Rebut Poin Pertama untuk Indonesia
 
 

Anthony Sinisuka Ginting sukses merebut poin pertama untuk Indonesia di babak final Piala Thomas 2020, Minggu (17/10). Anthony mengalahkan wakil China, Lu Guang Zu melalui tiga game 18-21, 21-14, 21-16 dalam 77 menit.

Kemenangan ini menjadi yang ketiga buat Anthony atas Lu. Sebelumnya di Japan Open dan Blibli Indonesia Open tahun 2019, Anthony juga berhasil mengantongi kemenangan.

“Pertama-tama saya mengucap terima kasih Tuhan saya bisa bermain bagus hari ini. Saya bisa keluar dari tekanan dan ketegangan. Sejujurnya saya agak tegang di game pertama, jadinya tidak bisa mengontrol permainan hingga akhir. Tapi di game kedua dan tiga saya berusaha lebih calm down dan coba menikmati pertandingan, dan itu berhasil. Akhirnya saya memenangkan pertandingan ini,” kata Anthony usai laganya di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

“Sebenarnya saya mempersiapkan pertandingan untuk Lu Guang Zu dan Shi Yu Qi, tadi malam. Saya mempersiapkan buat keduanya, karena belum tahu China menurunkan siapa. Saya pernah bertemui Lu dua kali dan pertandingannya ketat juga. Jadi saya percaya hari ini pasti lebih ketat karena ini pertandingan final. Buat saya dan Lu pasti sama-sama excited pada pertandingan ini,” terang Anthony.

Membuka game pertama, Anthony terus berada di bawah bayang-bayang Lu dari awal hingga akhir. Anthony mengaku tegang dan tak bisa menguasai jalannya pertandingan. Ia akhirnya harus merelakan game pertamanya kepada Lu.

Setelah mengalami kekalahan di game pertama, Anthony sukses memperbaiki penampilannya di game berikutnya. Ia menyamakan kedudukan dengan Lu lewat kemenangan 21-14 di game kedua.

Di game penentu, Anthony hanya memberikan satu kesempatan buat Lu mengunggulinya di posisi 0-1. Selebihnya Anthony melesat menguasai keadaan dan merebut kemenangan 21-16.

“Performa saya hari ini tidak terlalu bagus buat saya pribadi. Ada banyak kesalahan yang saya lakukan, sepertinya karena saya tegang di game pertama. Tapi akhirnya di game dua dan tiga saya lebih lepas. Itu tidak mudah, tapi akhirnya saya bisa melakukannya,” ujar peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini.

Dengan kemenangan ini, Indonesia sementara berhasil unggul 1-0 dari China di babak final. Selanjutnya di partai kedua, ganda putra mempertemukan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Berikut hasil pertandingan sementara Indonesia vs China (1-0):

Tunggal Putra 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu: 18-21, 21-14, 21-16

Ganda Putra 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong

Tunggal Putra 2: Jonatan Christie vs Li Shi Feng

Ganda Putra 2: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu

Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang

(NAF)