Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games 2021] Chico Kalah, Target Emas Tunggal Putra Meleset
20 Mei 2022
[SEA Games 2021] Chico Kalah, Target Emas Tunggal Putra Meleset
 
 

Unggulan tiga tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo tak berhasil menembus babak semifinal nomor perorangan SEA Games Vietnam 2021. Chico kalah dari pemain Singapura, Jia Heng Jason Teh di perempat final dalam dua game langsung 16-21, 16-21.

Kekalahan Chico di babak delapan besar membuat tunggal putra gagal membawa pulang medali. Padahal sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky memasang target tiga medali emas, yaitu dari nomor beregu putra, tunggal putra dan ganda putra.

Sayang dua nomor yang diharapkan menyumbang emas, masih belum bisa memenuhi target. Nomor beregu putra finis dengan medali perunggu, sementara tunggal putra tanpa wakil di semifinal.

“Chico yang kita harapkan mainnya tadi tegang sekali. Mungkin kaget juga, karena SEA Games ini kan beda dengan kejuaraan-kejuaraan lain. Tekanan terlalu besar dan mainnya tidak lepas. Jadi serba salah. Tadi sebenarnya di poin 16 dia kelihatan percaya diri, tapi kemudian di-break sama lawan. Ini yang butuh pengalaman. Kalau kita main lagi enak terus di-break sama lawan kita harus bagaimana. Itu disayangkan dan masih butuh pengalaman,” kata Rionny.

Sebelumnya, tunggal putra Christian Adinata juga sudah kalah di babak pertama. Christian tertahan oleh pemain senior dari Vietnam, Nguyen Tien Minh.

Meski kehilangan medali dari tunggal putra, bulutangkis masih berpeluang merebut medali emas dari empat sektor lainnya. Di babak semifinal, Indonesia mengirimkan tujuh wakil, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. (NAF)