Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Singapore Open 2022] Sempat Kewalahan Atasi Lawan, Ahsan/Hendra Akhirnya Lolos ke Semifinal
15 Juli 2022
[Singapore Open 2022] Sempat Kewalahan Atasi Lawan, Ahsan/Hendra Akhirnya Lolos ke Semifinal
 
 

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dipaksa bermain tiga game di babak perempat final Singapore Open 2022. Berhadapan dengan M. R. Arjun/Dhruv Kapila, Ahsan/Hendra harus terlibat pertandingan selamat 49 menit untuk membukukan kemenangan 10-21, 21-18, 21-17.

Kedua pasangan ini sudah tiga kali bertemu sebelumnya. Ahsan/Hendra memang belum terkalahkan oleh pasangan India ini, namun keduanya mengakui Arjun/Kapila merupakan pemain yang tidak mudah untuk dihadapi.

“Memang tidak gampang melawan pasangan India ini. Sebelum-sebelumnya juga selalu ketat dan sengit,” kata Hendra dikutip Humas PBSI.

“Pasangan India ini juga bagus. Pola permainannya cocok dengan pola kita. Dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya juga selalu ramai. Kami pun sempat kewalahan. Di awal game, pola permainan kita terbawa lawan. Bola-bola lawan selaku tidak enak dan menyulitkan kami. Kita jadi malah tidak enak dan akhirnya banyak mati sendiri. Kunci kemenangan, semuanya tergantung kepada diri kami sendiri. Kami memperbaiki pertahanan dan juga lebih menyerang. Selain itu, berusaha mengurangi sebanyak mungkin kesalahan sendiri,” ungkap Ahsan menimpali.

Berlaga di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Jumat (15/7), Ahsan/Hendra tertinggal cukup jauh di game pembuka. Arjun/Kapila dikatakan Ahsan/Hendra berhasil mengontrol jalannya pertandingan. Hal tersebut membuat mereka cukup kewalahan di lapangan.

“Di game pertama, lawan lebih mengontrol permainan. Pukulan-pukulannya juga bagus dan halus. Penempatan bolanya juga kerap merepotkan kami,” ujar Hendra.

Memasuki game kedua, Ahsan/Hendra tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Kedua pasangan ini terlibat pertandingan alot sejak awal hingga berakhirnya game kedua. Namun kemenangan akhirnya berhasil diraih oleh unggulan dua asal Indonesia itu.

Di game pamungkas, pertandingan tak berjalan seketat game kedua. Ahsan/Hendra berhasil menguasai pertandingan, meski perolehan poin mereka tidak terpaut terlalu jauh. Ahsan/Hendra akhirnya memastikan kemenangan usai mengantongi angka 21-17 di game ketiga.

“Di game kedua, syukur kita bisa bangkit dan gantian memegang kendali permainan. Pada poin-poin kritis, kami bisa ambil. Kami lebih memiliki kematangan pengalaman. Game ketiga, pukulan lawan sudah tidak seakurat di game-game awal. Selain itu, dari awal game ketiga langsung kita grebeg duluan. Dengan lebih memegang kendali permainan, akhirnya kami berhasil dan maju ke semifinal,” lanjut Hendra.

Selanjutnya di semifinal, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan juniornya sendiri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Indonesia pun dipastikan sudah memiliki satu tiket ke babak final.

Sebelumnya Leo/Daniel berhasil melaju ke babak empat besar, dengan mengalahkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China). Leo/Daniel menang rubber game dengan skor 21-14, 17-21, 21-11.

Indonesia berpeluang menciptakan all Indonesia semifinal di Singapore Open 2022. Selain Ahsan/Hendra dan Leo/Daniel, pasangan pemain profesional Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani juga lolos ke semifinal. Mereka kini menunggu lawan antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean (Singapura). (NAF)