Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Championships 2022] Ganda Putri Berharap Raih Medali
15 Agustus 2022
[BWF World Championships 2022] Ganda Putri Berharap Raih Medali
 
 

Sektor ganda putri Pelatnas PBSI pasang target raih medali dari BWF World Championships 2022. Meski begitu pelatih ganda putri, Eng Hian tak mematok medali khusus. Baginya apapun warna medalinya diharapkan bisa dibawa pulang oleh dua wakil yang diturunkan, yaitu Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi siap mengemban tugas tersebut.

"Persiapan dan kesiapan ganda putri sendiri sudah memasuki fase pemantapan. Kondisi semua sudah siap bertanding di Kejuaraan Dunia ini dan tentunya kita harapkan dari pasangan-pasangan muda ini bisa meraih medali tentunya targetnya," kata Eng Hian dalam rilis PBSI.

"Kita tidak bicara warna tapi bisa membawa medali untuk prestasi mereka sendiri juga, jadi satu target pencapaian yang diharapkan dari ganda putri," tuturnya.

Secara khusus Eng Hian menambahkan harapannya pada pasangan yang kembali reuni, Fadia/Ribka, di lapangan nanti. Seperti diketahui dua atlet ini dipisah beberapa bulan lalu. Ribka dipasangkan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani, sementara Fadia dengan Apriyani Rahayu.

"Untuk Ribka/Fadia lebih cenderung untuk mencapai prestasi secara individu, dalam arti kan Ribka/Fadia sudah tidak berpasangan, nah mereka masih ada kesempatan bermain lagi di Kejuaraan Dunia pastinya ingin mengukir prestasi," papar Eng Hian.

"Walau setelah ini sudah tidak bersama tapi ada sebuah kebanggaan buat mereka pernah berprestasi di Kejuaraan Dunia ini. Jadi saya ingin Ribka/Fadia bermain dengan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali sesuai target ganda putri," harapnya.

Di kesempatan yang sama, pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi merasa senang menghadapi Kejuaraan Dunia level senior untuk pertama kali. Febriana/Amalia sebelumnya sempat sukses dengan torehan medali perak di ajang Kejuaraan Dunia level junior tahun 2019.

"Perasaannya senang karena ini pertama kalinya saya dan Tiwi bisa ikut Kejuaraan Dunia. Persiapan tidak sebentar jadi bisa menyiapkan dengan baik untuk pertandingannya. Latihan teknik dan non-tekniknya semua disiapkan. Usai masuk di level senior seperti ini, kondisi apapun kita harus siap. Kita jadikan pertandingan yang lalu sebagai pengalaman, apa yang kurang dan harus diperbaiki," jelas Febriana.

"Sejauh ini persiapannya sudah lumayan bagus, tinggal kita pertahankan saja. Semua kita siapkan apalagi ini Kejuaraan Dunia pertama tapi terutama di mental ya," sambung Amalia.

BWF World Championships 2022 akan dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus.

Berikut hasil undian ganda putri di babak 64 besar:

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Chinese Taipei)

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Margot Lambert/Anne Tran (Perancis) (NAF)