Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Cambodia 2023] Jumpa Filipina, Rionny Mainaky: Harus Yakin dan Percaya Diri
09 Mei 2023
[SEA Games Cambodia 2023] Jumpa Filipina, Rionny Mainaky: Harus Yakin dan Percaya Diri
 
 

Setelah menaklukkan Kamboja di perempat final SEA Games Cambodia 2023, beregu putri Indonesia kini mengalihkan fokusnya ke babak semifinal, melawan Filipina. Laga tersebut akan berlangsung pada Rabu (10/5), mulai pukul 10.00 WIB di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, berharap para pemain bisa menampilkan permainan terbaik dengan penuh percaya diri.

Ia juga mengatakan bahwa timnya tidak terlalu memikirkan kejutan yang dibuat Filipina saat sukses mengalahkan Malaysia dengan skor meyakinkan 3-0 pada Senin (8/5) kemarin.

"Kami tidak mau terlalu memikirkan apa yang dilakukan lawan, kami harus fokus saja pada diri masing-masing. Untuk besok karena persiapan sudah bagus, saya berharap para pemain bisa tampil dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Saya rasa kami bisa mengatasi perlawanan tim Filipina," ungkap Rionny dalam keterangan PBSI.

Tim putri Indonesia memulai perjuangan mereka dengan sempurna. Komang Ayu Cahya Dewi yang turun sebagai tunggal putri pertama, tampil dominan atas Phon Chenda. Ia menang dengan skor meyakinkan 21-4, 21-4.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka menang 21-15, 21-12 atas Chheng Huy/Seavty Teav di partai kedua.

Di partai ketiga, Ester Nurumi Tri Wardoyo menutup kemenangan Indonesia dengan mengungguli Heang Leakhena 21-6, 21-8.

"Beregu putri hari ini menang 3-0 lawan Kamboja di pertandingan pertama. Saya melihat tunggal pertama, ganda pertama dan tunggal kedua bermain cukup bagus. Memang terlihat dari pemanasan juga bagus dan mereka tidak ragu-ragu. Saya harapkan besok tampil lebih bagus lagi," kata Rionny.

Perhatian khusus juga diberikan Rionny kepada para pemain yang tidak sempat turun berlaga. Rionny pun memberikan program latihan agar kondisi pemainnya tetap terjaga.

"Tadi memang ada beberapa pemain kami yang tidak sempat turun, jadi tadi mereka saya berikan program latihan sekitar satu jam untuk menjaga kondisi dan performanya stabil. Karena satu hari saja tidak latihan atau bertanding, pasti berpengaruh," ujar Rionny.

Selain tim putri, tim putra juga akan bertanding di babak semifinal besok. Chico Aura Dwi Wardoyo cs akan bertemu Singapura di lapangan satu pada pukul 12.30 WIB. (NAF)