Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [USM Open 2015] Helena Ke Babak 16 Besar
22 April 2015
[USM Open 2015] Helena Ke Babak 16 Besar
 
 

Helena Ayu Puspitasari asal klub PB Djarum akhirnya melangkah kebabak 16 besar USM Open 2015. Tunggal pemula putri unggulan kesembilan ini, di laga ke tiga hari Rabu (22/4) siang tadi menghentikan langkah Faradina Istiqomah asal klub Hi-Qua Prima Bandung pada pertandingan yang berlangsung di Gor USM Semarang.

Tidak mudah bagi Helen untuk maju ke 16 besar. Pasalnya, Helen dipaksa berkerja keras dan harus mau menguras keringat. Di game pertama, Helen selalu melakukan kesalahan-kesalahan dalam pengembalian bola. Ini menguntungkan pihak lawan yang mendapat peroleh angka. Bahkan Helan harus menyerah di game ini dengan skor tipis, 18-21.

Belajar dari kesalahan, di game kedua Helen mulai bangkit dan agresif menekan pertahanan lawan. Walaupun masih sering membuat kesalahan, Helan tenyata mampu meraih game ini, 21-17. Di game penentu, Helen semakin percaya diri. Ia sudah bisa mengontrol permainan lawan, hingga bisa memenangkan pertandingan ini. Helen pun menang telak, 21-7.

"Memang game pertama, mainnya kurang sabar. Maunya cepat-cepat mematikan lawan tadi. Padahal lawan kalau saya kasih bola lob belakang, dia tidak enak mainnya. Game kedua, saya coba mencari pola main dan tidak mau cepat-cepat matiin. Ya, kunci kemenangan tadi, hanya main sabar, fokus di jaga dan kurangi membuat kesalahan," jelas Helen, atlet lulusan Audisi Umum PB Djarum 2012 ini.

Unggulan ketujuh asal klub Exist Jakarta, Putri Giani Nabila Salwa akan menjadi lawan Helen di babak 16 besar hari Kamis (23/4) nanti. Bagi Helen, ini pertemuan yang kedua kalinya. Dua minggu lalu, di kejuaraan Single Flypower Open, Helen berhasil mengalahkannya dengan dua game langsung.

Namun, Helen pun mengaku dirinya tidak mau sesumbar. Jelasnya ia akan berusaha bermain maksimal. Hanya lebih yakin dan fokus harus bisa di jaga.

"Pokoknya, harus bisa jagain bola-bola belakang dan defend juga selalu dijaga," sahut atlet kelahiran Sleman tahun 2001 ini. (DS)