Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Praveen/Vita Tembus 10 Besar Dunia
03 November 2013
Praveen/Vita Tembus 10 Besar Dunia
 
 

Selamat datang di sepuluh besar dunia. Ucapan ini layak disematkan kepada pasangan ganda campuran asal PB Djarum, Praveen Jordan/Vita Marissa. Bagaimana tidak, pasangan yang belum genap satu tahun disandingkan ini melesat peringkatnya seperti prestasi yang di raihnya. Seperti yang di rilis oleh badan bulutangkis dunia per 31 Oktober 2013, pasangan Indonesia ini bergerak naik dari peringkat 11 dunia sebelumnya dan kini telah bertengger di peringkat 8 dunia.

Dengan semakin membaiknya peringkat dunia yang di milikinya, membuat pasangan ini kemungkinan bertemu pasangan kelas dunia di awal turnamen bulutangkis, akan terhindar. Meningkatnya prestasi pasangan ini  tentunya di dapat berkat deretan prestasi yang di raihnya. Terakhir pada kejuaraan French Open Super Series 2013, mereka mampu  menembus babak delapan besar usai dikalahkan Xu Chen/Ma Jin. Tercatat, di tahun ini mereka telah mengantongi beberapa gelar juara, termasuk diantaranya Indonesia Open Grand Prix Gold 2013 serta Malaysia Open Grand Prix Gold 2013.

Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Lliyana Natsir masih belum beranjak dari posisinya di urutan dua dunia. Posisinya kini terancam oleh pasangan China Xu Chen/Ma Jin yang semakin mendekatinya. Di pucuk pimpinan, ganda China lainnya Zhang Nan/Zhao Yunlei masih tetap memimpin.

Dua ganda asal PB Djarum mengalami perbedaan nasib. Jika Muhammad Rijal/Debby Susanto turun ke peringkat tujuh dunia dari peringkat enam, maka pasangan Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika naik satu peringkat. Lukhi/Annisa naik ke peringkat ke-25 dunia. Pasangan ini semakin mendekati seniornya di Pelatnas Irfan Fadhilah/Weni Anggraeni yang tetap menempati urutan ke-22 dunia.

Indonesia masih mempunyai dua pasang ganda campuran lainya yang masih ada di daftar dua puluh besar dunia. Meski mengalami penurunan peringkat, pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet tetap berada dalam dua puluhbesar dunia. Mereka kini ada di urutan sebelas dunia, masih lebih baik di bandingkan rekannya Riky Wdianto/Richy Puspita Dili yang tepat berada di bawahnya.

Diluar 50 besar dunia, pasangan lapis ganda campuran Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja mulai merangkak naik. Pasangan yang sama-sama pernah mencicipi menjadi Juara Dunia Junior ini naik satu peringkat dan kini ada di peringkat ke-56 dunia. (AR)