Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Pada Ganda Asa Bertumpu
08 Juli 2011
Pada Ganda Asa Bertumpu
 
 

Setelah Indonesia tak bersisa di semifinal partai tunggal Kejuaraan Asia U19 nomor perorangan, maka sorot cahaya pun berfokus pada partai ganda yang masih memiliki empat wakil di semifinal. Ganda campuran terkuat dengan dua wakil.

“Kami tadi sempat tegang sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Ririn Amelia mengenai pertandingan perempat final ganda campurannya bersama Lukhi Apri Nugroho saat melawan wakil Taipei, Huang Po Jui/Wu Ti Jung. “Untung di game selanjutnya kami bisa bangkit.”

Lukhi/Ririn memang harus berjuang keras kemarin (7/7). Setelah mengalahkan K Sriteja/D Sudha Kalyani (India) di 16 besar pada pagi harinya dengan skor 21-15, 21-10, sorenya mereka harus kembali bertanding untuk babak perempat final yang ternyata bukan pertandingan mudah. Mereka menang 21-23, 21-19, dan 21-13 atas Huang/Wu.

“Lawan bermain cepat sehingga kami ketinggalan,” jelas Lukhi mengenai ketertinggalan mereka 10-16 di pertengahan game kedua. “[[Lalu] Mas Sigit (Sigit Budiarto-pelatih) menginstruksikan kami untuk menikmati pertandingan, sesudahnya kami merasa enak mainnya, lepas.”

Lukhi/Ririn tidak sendirian melaju ke semifinal. Praveen Jordan/Tiara Rosalia Nuraidah juga lolos setelah menang 21-9, 23-21 atas pasangan Malaysia Nelson Heg/Chow Mei Kuan di perempat final. Mereka malah mendapatkan perlawanan lebih sengit pada pagi harinya, di babak 16 besar, saat bertemu Tam Chun Hei/Cheung Ngan Yi (Hongkong), saat mereka menang tipis 22-20 dan 21-17.
Di semifinal, kedua pasangan merah-putih tersebut akan bertemu wakil China. Lukhi/Ririn optimis dapat menghadapi Chen Zhuofu/Xiong Rui karena merasa kekuatan berimbang.

Ganda putra dan ganda putri juga masih menyisakan satu wakil merah-putih di semifinal. Ronald Alexander/Selvanus Geh berhasil melalui dua aral terjal kemarin. Mereka menang 21-11, 21-18 atas unggulan kelima asal Malaysia, Tai An Kang/Sant Enos Jani, lalu di perempat final mereka menang 21-17, 21-13 atas Pei Tianyi/Chen Zhuofu (China).

Di semifinal, Ronald/Selvanus akan bertemu Lu Ching Yao/Huang Chu En (Taipei) yang menang tipis 21-11, 19-21, 21-14 dari pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto dalam pertandingan ganda terlama kemarin, 52 menit.

Dari ganda putri, Indonesia diwakili oleh Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah yang melalui dua pertandingan sengit pula. Pada pagi hari mereka menang 21-19, 24-22 atas unggulan pertama asal Srilanka, Achini Rathnasiri/Upuli Samanthika Warasinghe, dan sorenya mereka menang 22-20, 19-21, dan 21-17 atas Yuen Xiaohan/Huang Yaqiong (China).

Daftar Semifinal Indonesia

[Ganda Putra] Ronald Alexander/Selvanus Geh vs Lu Ching Yao/Huang Chu En (TPE)
[Ganda Putri] Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah vs Ayako Sakuramoto/Ayano Torii (JPN)
[Ganda Campuran] Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia vs Chen Zhuofu/Xiong Rui (CHN)
[Ganda Campuran] Praveen Jordan/Tiara Rosalia Nuraidah vs Pei Tianyi/Ou Dongni (CHN)
(DC)