Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Mengenal Stuktur Organisasi BWF
26 Agustus 2020
Mengenal Stuktur Organisasi BWF
 
 

Dalam dunia kerja, struktur organisasi memegang peranan penting dalam memajukan perusahaan. Badan bulutangkis dunia (BWF) pun memiliki struktur organisasi untuk melancarkan segala program-program yang dimilikinya. The Annual General Meeting (AGM), menjadi pemegang otoritas tertinggi dalam BWF. Dewan ini mengawasi kegiatan harian dari BWF. Keputusan pokok dari AGM selalu diterbitkan setelah rapat dijalankan. Hasil-hasil dari AGM dapat dilihat secara terbuka oleh siapapun dan dapat diunduh dari laman resmi BWF. Rapat dewan terakhir kali dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Februari 2020 di Lausanne, Swiss.

Rapat tahunan dari anggota biasanya dilaksanakan pada bulan Mei setiap tahunnya. Berikut ini adalah kegiatan utama yang dilakanakan pada saat rapat tahunan, yakni :

1. Menerima laporan dari Dewan

2. Menyetujui hasil audit dari rekening

3. Menerima rencana strategis federasi

4. Menyetujui amandemen konstitusi dan undang-undang bulutangkis

5. Memilih dewan

AGM membawahi tiga bagian, yakni BWF Council, Executive Board dan BWF Committes.

BWF Council atau Dewan BWF

Council atau dewan merupakan dewan pengatur terpilih dari BWF dan memiliki masa tugas selama empat tahun. Dewan memiliki tugas pengawas kegiatan sehari-hari dari BWF termasuk diantaranya AGM. Peran dan prosedur standar dari Dewan ditentukan dalam anggaran dasar BWF. Deklarasi Anggota Dewan telah ditandatangani pada bulan Maret 2019. Deklarasi ini memiliki tanggung jawab terhadap hukum dan etika sebagai pejabat terpilih dari BWF.

Semestinya ditahun ini para dewan akan melakukan tiga kali pertemuan di tahun 2020. Yang pertama di Lausanne, Swiss pada tanggal 18 dan 19 Februari 2020. Kedua pada tanggal 20 dan 22 Agustus 2020 di Aarhus Denmark bersamaan dengan pelaksaan putaran final perebutan Piala Thomas dan Uber 2020. Pertemuan ketiga di tanggal 9 Oktober 2020 di Auckland, Selandia Baru berbarengan dengan World Junior Champhionsips 2020.

Dewan BWF terdiri dari : Presiden, Wakil Presiden, Wakil Presiden Afrika, Wakil Presiden Asia, Wakil Presiden Eropa, Wakil Presiden Oseania, Wakil Presiden Pan Amerika, Wakil Presiden Para Bulutangkis, 18 anggota dewan lainnya dan Ketua Komisi Atlet.

Dewan Eksekutif

Dewan Eksekutif terdiri dari delapan orang dan Ketua dari posisi dari Komite dibentuk oleh Dewan BWF. Tanggung jawab utama Dewan Eksekutif adalah membuat keputusan di antara rapat Dewan BW

Dewan Komite

Ada delapan komite yang mencakup semua bidang fungsional utama BWF. Komite terdiri dari anggota Dewan BWF. Dalam lingkup kerjanya, komite merumuskan rencana, kebijakan, dan proposal untuk mendapatkan persetujuan Dewan. Adapun ke delapan bidang komite adalah sebagai berikut :Komite Administrasi, Komite Keuangan, Komite Pemasaran, Komite Komunikasi dan Media, Komite Acara, Para Komite Bulu Tangkis, Pengembangan dan Olahraga untuk Semua Komite, Komite IOC & Hubungan Internasional

Dewan Komisi

Dewan Komisi adalah kelompok spesialis dengan keahlian khusus dan terdiri dari anggota Dewan dan keahlian eksternal. Kecuali untuk Komisi Atlet, kerangka acuan dan keanggotaan Komisi disetujui oleh Dewan BWF. Dewan Komisi terdiri dari : Komisi Tata Kelola & Etika, Komisi Kesetaraan Gender, Komisi SDM, Komisi Penghargaan, Komisi bulu tangkis, Komisi Atlet, Komisi Atlet Bulutangkis, Komisi TUE, Komisi Dokter Turnamen, Komisi Penelitian Ilmu Olah Raga & Medis, Komisi Resmi Teknis