Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Masuk Semifinal
30 Oktober 2011
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Masuk Semifinal
 
 

Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menjejakkan kakinya pada babak semifinal kejuaraan Yonex Badminton French Open Super Series 2011 yang berlangsung di kota Paris setelah menang dari lawannya pada babak perempat final.

Berbekal pengalaman mengalahkan pasangan Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing dari China Taipei, pasangan Indonesia langsung tampil maksimal sejak game pertama dimulai. Pasangan Indonesia langsung panas dan tak pernah sedikitpun memberikan kesempatan pasangan China Taipei ini untuk bangkit memberikan perlawanan. Sejak game pertama di mulai, tak pernah sekalipun pasangan dari China Taipei bisa mengejar perolehan angka pasangan Indonesia. Setelah interval game pertama di ambil oleh pasangan Indonesia dengan 11-3, pasangan Indonesia bisa langsung menutup game pertama dengan 21-9.

Hal yang sama terjadi kembali pada game kedua. Hanya saja pasangan China Taipei mulai sedikit memberikan perlawanan. Dengan tetap memainkan irama permainannnya, pasangan Indonesia masih terus mendulang angka kemenangan termasuk ketika mereka bisa memimpin sampai jeda game kedua dengan 11-7. Pasangan Indonesia yang sempat melesat jauh di point mendekati akhir dengan 20-10. Pasangan China Taipei ternyata masih bisa memberikan perlawanan dan mencuri empat angka kemenangan secara berturut-turut sehingga membuat kedudukan kembali berubah menjadi 20-14. Dengan tambahan satu angka saja pasangan Indonesia akhirnya bisa merebut game kedua dengan 21-14 sekaligus memastikan satu tempat di semi final. Dengan hasil ini maka rekor pertemuan antara Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing masih di pegang oleh pasangan Indonesia dengan 5-0.

Sayangnya pasangan senior Nova Widianto/Vita Marissa harus terhenti di babak perempat final. Unggulan kedua asal China, Xu Chen/Ma Jin menghentikan aksi mereka melalui pertarungan alot dan mengharuskan bermain dengan rubber game. Pasangan Indonesia sebenarnya memulai pertandingan dengan baik. Pada game pembuka pasangan Indonesia bisa bermain apik dan berhasil merebutnya dengan 21-18. Sayangnya pada game kedua, pasangan China justru bisa ganti mengambilnya dengan angka tipis 21-19. Pada game penentuan stamina pasangan Indonesia menurun drastis. Pasangan China dengan leluasa membongkar pertahanan pasangan Indonesia dan menutupnya dengan 21-11.

Real semifinal akan akan dilangsungkan pada hari ini. Empat pasang unggulan teratas ganda campuran semuanya masuk babak semifinal. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menempati unggulan ketiga akan bertemu dengan unggulan kedua asal China, Xu Chen/Ma Jin. Sementara unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei akan menghadapi pasangan dari Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang berada pada unggulan ke empat dan baru saja menjuarai turnamen Yonex Denmark Badminton Open Super Series 2011. (AR)