Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Menpora Lepas Kontingen Indonesia
23 Juli 2012
Menpora Lepas Kontingen Indonesia
 
 

Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng secara resmi melepas kontingen merah putih yang akan berlaga di Olimpiade London mendatang pada acara buka bersama yang digelar pada Minggu (22/7) kemarin.

"Dalam suasana di bulan suci Ramadan ini kami harapkan para atlet lebih terpacu motivasinya untuk berjuang mengharumkan nama bangsa," ujar Andy Mallarangeng seperti yang dilansir oleh antaranews.com.

Bertempat di kantor KOI di lantai 19 Gedung FX Senayan Jakarta, acara itu dihadiri oleh sejumlah atlet dan ofisial yang akan berangkat ke London malam harinya, Senin (23/7) dinihari.

Mengenai para muslim yang akan berjuang di London nanti, Menpora mengatakan, sebagai musafir para atlet kalau tidak sanggup untuk berpuasa, maka dikembalikan kepada masing-masing atlet. Apalagi masa berpuasa di Inggris jauh lebih lama yakni17 jam.

"Para ulama sudah mengatakan, untuk seseorang yang sedang bepergian jauh maka dia boleh mengganti puasanya pada hari yang lain. Maka dengan itu kami pun tak memaksakan atlet yang muslim harus berpuasa selama tampil di Olimpiade," ujarnya. 

Indonesia akhirnya berhasil meloloskan 22 atletnya untuk berpartisipas di pesta olah raga terakbar di jagad raya ini. Tim bulutangkis sendiri diperkuat oleh 9 atlet yang akan berlaga di lima nomor, tiga diataranya adalah besutan PB Djarum. Mereka adalah Mohammad Ahsan yang akan turun di ganda putra bersama dengan Bona Septano, Tontowi Ahmad yang diharapkan bisa meneruskan tradisi emas olimpiade bersama dengan Liliyana Natsir, serta di ganda putri, Meiliana Jauhari yang akan berduet dengan Greysia Polii yang diharapkan bisa mendapat medali pertama di nomor ini. Di Olimpiade sebelumnya, nomor ganda putri belum pernah menyumbang medali. (IR)