Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Musuh Bebuyutan di Grup A
01 Agustus 2012
Musuh Bebuyutan di Grup A
 
 

Sumber foto: www.zimbio.com

Ganda campuran menjadi salah satu nomor di cabang bulutangkis Olimpiade yang memiliki kekuatan merata.  Akan cukup sulit untuk memprediksi siapa yang akan lolos ke babak kedua setelah drawing dilaksanakan kemarin (22/7). Selain pasangan-pasangan penghuni top 8 dunia, juga ada pasangan-pasangan lain yang tentu saja memiliki potensi untuk membuat kejutan.

Di grup A yang dihuni oleh Zhang Nan/Zhao Yunlei yang merupakan unggulan satu sekaligus yang diharapkan bisa menyambung emas milik Zhang Jun/Gao Ling, terkumpul juga ganda asal Rusia Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina, serta Michael Fuchs/Birgit Michels dan satu pasangan yang menggebrak panggung dunia di Kejuaraan Dunia 2011 lalu Chris Adcock/Imogen Bankier.

Chris dan Imogen yang biasanya berbendera berbeda yakni bendera Inggris dan Skotlandia, tetapi pada Olimpiade mereka tentu saja menggunakan bendera persatuan Inggris Raya. Dimana Inggris Raya (Great Britain) terdiri dari tiga negara berbeda yakni Inggris, Skotlandia dan Wales.


Sumber foto: sport.detik.com

Zhang/Zhao menjadi satu-satunya pasangan yang mampu membendung laju impressive dari Chris/Imogen di Kejuaraan Dunia 2011 lalu. Zhang/Zhao menang atas pasangan asal Inggris Raya itu dengan 21-15 dan 21-17, setelah sebelumnya Chris/Imogen menelan korban nama-nama besar termasuk pasangan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk bersua dengan Zhang/Zhao di final kejuaraan dunia tersebut.

Chris/Imogen kembali menjadi berita besar di awal tahun 2012, secara mengejutkan mereka menyingkirkan Zhang/Zhao pertama dengan 21-19, 21-16 di babak pertama Super Series Premier termahal di 2012 yakni Korea Open.  Tak hanya sekali, Chris/Imogen kembali mengalahkan Zhang/Zhao di All England 2012 kali ini mereka menang dengan tiga game 16-21, 21-19 dan 21-19 lagi-lagi di babak pertama.

Sayang di pertemuan ketiganya, Chris/Imogen gagal mengatasi Zhang/Zhao. Pertemuan ketiga ini terjadi di Istora pada Juni silam. Di negeri yang memiliki akar bulutangkis yang kuat, Chris/Imogen kalah 16-21 dan 19-21. Membuat rekor pertemuan mereka menjadi 4-2 untuk Zhang/Zhao.

Dua pasangan ini, diprediksikan akan mampu lolos ke putaran knock out dengan menjadi juara dan runner up grup. Sepertinya juara dan runner up akan ditentukan oleh siapa yang akan mampu memenangkan duel ketujuh mereka sepanjang 2011 dan 2012 ini. setelah dua pasangan lainnya, Michale/Birgit dan Alexandr/Valeri diatas kertas berada jauh dibawah dua kompetitornya, dimana pasangan Jerman berada di rangking 22 dunia, sementara pasangan Rusia menghuni rangking 15, terpaut lima rangking dari Chris/Imogen yang menghuni rangking 10 dunia.

Diatas kertas dan diatas catatan pertemuan semua pasangan, yang paling ideal untuk bisa lolos ke babak kedua adalah Zhang/Zhao dengan menjadi juara grup, disusul oleh Chris/Imogen runner up grup. Zhang Zhao memiliki catatan sempurna atas dua pasangan asal Jerman dan Rusia itu, dimana mereka unggul 2-0. Sementara Chris/Imogen belum pernah bersua dengan dua rivalnya itu.

Juara grup A ini akan bersua dengan runner up grup C, serta runner up akan bersua dengan juara grup C, dimana grup C adalah tempat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berada.